KUMPULAN SOAL MODUL PROFESIONAL
MODUL |
No |
Soal dan Jawaban |
HADITS |
||
KB-1 |
1 |
Adam
as. yang diyakini oleh kaum muslimin pada umumnya sebagai manusia pertama,
manusia adalah khalifah Allah di bumi. Khalifah berarti: |
a.
Wakil b.
Pemimpin c.
Pembantu d.
Presiden e.
Raja |
||
2 |
Malaikat
dan jin diperintahkan untuk sujud (tunduk) kepada Adam, karena adam memiliki
kelebihan yang berupa: |
|
a.
akal b.
ilmu c.
adab d.
ikhlas e.
penghambaan |
||
3 |
Hadits
memiliki berbagai tingkatan, kualitas hadis yang berarti “mencari ilmu adalah
wajib atas setiap Muslim, adalah |
|
a.
shahih b.
dlaif c.
hasan d.
maudu’ e.
marfu’ |
||
KB-2 |
4 |
Tentang anak yatim,
ada sebuah hadis yang menerangkannya sebagai berikut: عَنْ سَهْلَ بْنَ سَعْدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا -وَقَالَبِأَصْبُعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى (رواه البخاري و الترمذي) Maksud
hadis di atas adalah: |
a.
keutamaan
memelihara anak yatim b.
balasan
surga bagi orang yang menanggung hidup anak yatim c.
orang
yang hidup bersama anak yatim d.
mengurus
keperluan anak yatim e.
memelihara
anak yatim |
||
5 |
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, anak yatim didefinisikan sebagai anak
yang: |
|
a.
tidak
mempunyai ayah atau ibu karena ditinggal mati b.
tidak
mempunyai ayah c.
tidak
mempunyai ibu d.
ditinggal
mati oleh ayah e.
ditinggal
mati oleh ibu |
||
6 |
Di
antara fungsi hadits adalah memperkuat ajaran al-Qur’an. Contohnya ayat ayat
tentang anak yatim diperkuat oleh hadis tentang menanggung hidup anak yatim.
Fungsi hadis yang demikian dinamakan: |
|
a.
BayanTaqrir b.
bayan
takhshish c.
bayan
tasyri’ d.
tafsil
mujmal e.
taqyid
al muthlaq |
||
KB-3 |
7 |
Sifat
yang tertanam dalam jiwa, yang darinya timbul perbuatan dengan mudah tanpa
merasa terbebani, seperti sifat dermawan akan lahir darinya gemar memberi
tanpa merasa berat hati adalah disebut: |
a.
Talenta b.
Akhlak c.
Adab d.
Pekerti e.
Terpuji |
||
8 |
Nabi
Muhammad Saw, mendapat kemulian dan pujian langsung dari Allah Swt,
disebabkan karena: |
|
a.
Ketinggian
ilmu b.
Kemuliaan
akhlak c.
Kenabian d.
Ketekunan e.
Kerasulan |
||
9 |
Ayat
tersebut mengandung pengertian tentang |
|
a.
Akhlak
Nabi Muhammad Saw. b.
Akhalak
yang baik c.
Akhlak
kepada Allah d.
Akhlak
kepada sesama manusia |
||
KB-4 |
10 |
Orang
yang dalam hatinya ada keimanan dan ketakwaan dan telah bersaksi akan
kebenaran agama islam tetapi tidak mengamalkannya disebut |
a.
Fasiq b.
Munafiq c.
Kafir d.
Musyrik |
||
11 |
Sebaliknya ornag yang secara lahiriyah
memperlihatkan ketaatan dengan mengaku beriman secara lisan dan mengamalkan
ibadah, tetapi dalam hatinya dia mengingkari semua itu, dia disebut: |
|
a.
Musyrik b.
Fasiq c.
Munafiq d.
Kafir |
||
12 |
Dalam
hadits Rasulullah Saw. Bahwa tanda-tanda orang munafiq itu ada tiga, kecuali: |
|
a.
Jika
berbicara dia dusta b.
Jika
berjanji dia ingkar c.
Jika
bersedekah suka pamer d.
Jika
dipercaya dia berkhianat |
||
AL-QURAN |
||
KB-1 |
13 |
Memberikan
makna bakteri yang beterbangan pada lafadz Thoirun disebut : |
a.
Takwil b.
Tafsir c.
Asbabun
nuzul d.
Tarjamah e.
Dilalah
lafziah |
||
14 |
Memindahkan
bahasa al-Qur’an ke bahasa lain agar dapat dibaca orang yang tidak mengerti
sehingga dapat memahami kitab Allah Swt lebih tepat dipahami sebagai : |
|
a.
Takwil b.
Tafsir c.
Asbabun
nuzul d.
Tarjamah e.
Dilalah
lafziah |
||
15 |
Ayat yang
dapat diketahui maknanya dan memiliki satu makna serta dapat diketahui secara
langsung tanpa memerlukan keterangan lain: |
|
a.
Muhkam b.
Mutasyabih c.
Takwil d.
Dilalah |
||
KB-2 |
16 |
Ketika
seorang mufassir menjelaskan makna kata dengan mengambil pendapat sahabat
Ibnu Abbas tentang yukminuuna dimaknai yushoddiquuna
(membenarkan), maka pendekatan yang dilakukan adalah : |
a.
Tafsir bi al-Ma’tsur b.
Tafsir bi al-Ra’yi c.
Tafsir isyari d.
Tafsir Diroyah e.
Tafsir
Tahlili |
||
17 |
Kitab
tafsir terkemuka Mafatih al-Ghaib karya Fakhruddin ar-Razi
merupakan salah satu contoh kitab tafsir : |
|
a.
Tafsir bi al Ra’yi b.
Tafsir bi al-Ra’yi c.
Tafsir isyari d.
Tafsir Diroyah e.
Tafsir
Tahlili |
||
18 |
Suatu
metode yang memiliki kelemahan yaitu seringkali melakukan pemenggalan ayat
dikarenakan memilki permasalahan yang berbeda sehingga menyebabkan pemahaman
ayat berkurang, kelemahan ini dimiliki oleh : |
|
a.
Maudhu’i b.
Tahlili c.
Muqaran d.
Ijmali e.
Isyari |
||
KB-3 |
19 |
Menurut
bahasa, ikhlas berarti.. |
a.
Bersih b.
Indah c.
Berserah d.
Tiada
berharap e.
Kebaikan |
||
20 |
Disunahhkan
bagi umat muslim untuk bersedekah. Kepada siapa umat muslim diperbolehkan
bersdekah berdasarkan surat Al-Baqarah ayat 272? |
|
a.
Siapa
saja b.
Orang
miskin c.
Orang
fakir d.
Jompo e.
Pakir
dan miskin |
||
21 |
Bagaimana
sikap kita umat Islam terhadap umat beragama lain? |
|
a.
Menghargai b.
Mencela c.
Menolong d.
Acuh e.
Mengajak |
||
KB-4 |
22 |
Indikator
seorang ulul albab tercantum pada : |
a.
S. Ali imran, 191 b.
S. Ali imran, 190 c.
S. Ali imran, 189 d.
S. Ali imran, 188 e.
S. Ali imran, 187 |
||
23 |
Berikut
adalah sifat dan sikap yang ditunjukkan oleh seorang ulul albab
kecuali : |
|
a. Dalam keadaan berdiri
kemudian berdzikir b. Tidak takut kepada siapapun, kecuali Allah semata c. Teliti dan kritis dalam menerima informasi, teori,
proporsisi ataupun dalil yang dikemukakan orang lain d. Selalu berpegang pada kebaikan dan keadilan e. Sanggup mengambil pelajaran dari sejarah umat terdahulu |
||
24 |
Orang yang
memiliki akal yang sempurna lagi cerdas yang mengerti tentang hakekat
dibalik adanya segala sesuatu yang tampak adalah pengertian Ulul
albab menurut : |
|
a.
Ibnu katsir b.
Ibnu abbas c.
Ibnu taimiyah d.
Ibnu umar e.
M. Quraish shihab |
||
AKIDAH |
||
KB-1 |
25 |
Muhammad Quraish Shihab, menginformasikan bahwa al-Thabathabai
dalam tafsirnya Al-Mizan menyatakan bahwa jumlah al-Asma’ Al- Husna itu ada
sebanyak? |
a.
127
nama b.
132
nama c.
99
nama d.
200
nama e.
1000
nama |
||
|
26 |
Kata
“Allah” berasal dari kata al-Ilah. Kata itu dalam berbagai derivasinya
memiliki beberapa pengertian, salah satu diantaranya adalah rasa cinta yang
mendalam yaitu: |
a.
‘Abd b.
Sakinah c.
Faza’a d.
‘ilaha e.
Wala’a |
||
27 |
Al-Rahman
artinya Maha Pemurah kepada semua mahluk (baik yang kafir ataupun yang
mukmin), sedangkan al-Rahim Maha Penyayang kepada? |
|
a.
Umat
islam b.
Umat
nasrani c.
Umat
yahudi d.
Umat
islam, yahudi dan nasrani e.
Semua
mahluk |
||
KB-2 |
28 |
Mukjizat
Nabi Muhammad yang paling besar adalah? |
a.
Hadits b.
Membelah
bulan c.
Shalat d.
Isra
dan Mikraj e.
Al-Qur’an |
||
29 |
Karomah
merupakan anugrah Allah kepada? |
|
a.
Malaikatullah b.
Nabiyullah c.
Rasulullah d.
Waliyullah e.
Laknatullah |
||
30 |
Kemampuan
manusia di luar kebiasaan yang diberikan oleh Allah kepada pemaksiat disebut? |
|
a.
Karomah b.
Laknat c.
Istidraj d.
Istikharah e.
Istisqa |
||
KB-3 |
31 |
Rukun
Iman ada enam, percaya kepada hari akhir adalah rukun yang ke? |
a.
Satu b.
Dua c.
Tiga d.
Empat e.
Lima |
||
32 |
Tidak
ada yang kuasa menjalankan waktu terjadinya kiamat dengan kabar dan
pemberiktahuan kecuali Allah SWT. Hal itu disebut? |
|
a.
Al-Takjil b.
Al-Tajliyah c.
Al-Tajalliyah d.
Al-Takhalliyah e.
Al-Ibrah |
||
33 |
Kiamat
menurut Sains dimungkinkan denga ciri-cirinya jika bumi? |
|
a.
Ditabrak
oleh pelanet astroid lain b.
Gempa c.
Banjir d.
Tsunami e.
Kacau-balau |
||
KB-4 |
34 |
Kehendak
Allah atas sesuatu pada azali untuk sebuah realitas pada saat sesuatu di luar
azali kelak disebut? |
a.
Qadar b.
Qaul c.
Qadha d.
Qadim e.
Qadhi |
||
|
35 |
Penciptaan
(realisasi) Allah atas sesuatu pada kadar tertentu sesuai dengan kehendak-Nya
pada azali disebut? |
a.
Qadha b.
Qadar c.
Qadim d.
Qaul e.
Qadhi |
||
36 |
Sesungguhnya
Allah maha mengetahui segala sesuatu, tidak ada suatu apapun yang tersembunyi
dari-Nya, dan Allah maha mengetahui perbuatan manakah yang akan dipilih oleh
si fulan dan apa yang akan terjadi padanya sesuai yang telah ditulis di? |
|
a.
Lauh
al-Mahfudz b.
Lauh
al-Mizan c.
Lauh
al-Taqdir d.
Catatan
Malaikat e.
Catatan
Munkar |
||
AKHLAK |
||
KB-1 |
37 |
Di
sekolah Firdaus dikenal sebagai anak yang rajin dan suka membantu
teman-temannya yang membutuhkan. Sikap rajin dan suka membantu Firdaus
dikategorikan sebagai akhlak yang baik dikarenakan perbuatannya itu didasari
oleh... |
a.
dorongan
spontanitas dari jiwanya yang suka membantu b.
kondisi
jiwa yang sudah terbiasa dan mendarah daging c.
kebiasaan
yang dibudayakan di sekolahnya d.
gurunya
selalu memperhatikan sikap dia sehari-hari e.
teman-temannya
telah berbuat baik kepadanya |
||
38 |
الخلقعبارةعنهَيْئَةٌفِيالنَّفْسِرَاسِخَةٌعَنْهَاتُصْدِرُالْأَفْعَالَبِسُهُولَةٍوَيُسْرٍمِنْغَيْرِ حَاجَةٍإِلَىفِكْرٍوَرَوِيَّةٍ Teks di atas merupakan definisi akhlak yang
dirumuskan oleh |
|
a.
Al-Ghazali b.
Ibnu
Maskawaih c.
Moh.
Al-Ghozali d.
Ahmad
Amin e.
Ibn.
Qayyim |
||
39 |
الخلق حال للنفس داعية لهاإلى أفعالهامن غيرفكرولاروية Teks di atas adalah definisi akhlak yang
dekemukakan oleh |
|
a.
Ibn.
Miskawaih b.
Al-Ghazali c.
Moh.
Al-Ghozali d.
Ahmad
Amin e.
Ibn.
Qayyim |
||
KB-2 |
40 |
Ada
hal yang membedakan seuatu amal atau pekerjaan untuk dikategorikan shalih
atau bukan. Apa yang membedakan? |
a.
didasari
dengan tauhid b.
didasari
dengan keyakinan c.
didasari
keinginan d.
didasari
dengan niat e.
didasari
dengan kesungguhan |
||
41 |
أولَئِكَ الَّذِينَ كَفَرُوابِآيَات رَبِّهِم وَلِقَائِه فَحَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فَلَانُقِيمُ لَهُمْ يَوْمَالْقِيَامَةِ وَزْنًا Coba
analisis teks ayat al-Qur’an di atas hubungannya denga amal. Menjelaskan
tentang masalah apa? |
|
|
a.
sebab
rusaknya amal b.
orang-orang
kafir c.
ayat-ayat
Allah d.
hari
kiamat e.
hari
hisab |
|
42 |
Dalam
dialog Nabi Musa as. dan Nabi Khidir as., Nabi Musa as. diprediksi tidak akan
mampu bersabar untuk mengikutinya. Sebab ketidak sabarannya adalah … |
|
a.
kurang
pengetahuan b.
kurang
bekal c.
kurang
persiapan d.
kurang
dewasa e.
kurang
sehat |
||
KB-3 |
43 |
Indikator
akhlak terhadap diri sendiri, pengaruh atau akibat dari perbuatan yang
dilakukan itu kembali pada diri sendiri. Di bawah ini adalah kategori akhlak
di maksud, yakni … |
a.
rajin,
jujur, khauf dan malu b.
raja’,
jujur, tawaddu’, dan adil c.
raja’,
jujur, tawaddu’, dan amanah d.
malas,
jujur, hemat, dan amanah e.
pemaaf,
rajin, jujur, dan boros |
||
44 |
Suatu
hari seorang ust. bertanya kepada jama’ah pengajiannya. Apa lawan kata dari
hemat? Serentak jamaahnya jawab, “boros”. Pak ust. mengkoreksi, “salah”, yang
benar hemat tidak ada layannya. Kenapa? |
|
a.
hemat
adalah sifat yang berada diantara boros dan pelit b.
hemat
lawannya dermawan c.
hemat
lawannya merupakan sifat yang baik d.
hemat
itu diukur dengan kebutuhan e.
hemat
itu sifat yang paling baik |
||
45 |
إِنَّاللَّهَ لَايُغَيِّرُمَابِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوامَابِأَنْفُسِهِمْ Potongan
teks ayat al-Qur’an di atas diantaranya mengisyarahkan bahwa kondisi jiwanya
lah yang dapat merubah kondisi seseorang. Kondisi jiwa yang
menginspirasi kegiatan tertentu secara terus-menerus dalam mencapai
suatu tujuan dinamakan sifat … |
|
a. rajin b.
qanaah c.
tawadhdu d.
istiqamah e.
sabar |
||
KB-4 |
46 |
Sifat
tabligh bila sudah mendarah daging pada setiap muslim, apabila yang bekerja
sebagai guru, akan menjadikan setiap proses pembelajaran lebih efektif dan
efesien. hal ini disebabkan karena sifat tabligh merupakan prinsip |
a.
ilmu
komunikasi b.
ilmu
keguruan c.
ilmu
bahasa d.
ilmu
ekonomi e.
ilmu
filsafat |
||
|
47 |
Kasih
sayang merupakan sifat yang harus dididik dan dilatih dalam setiap jiwa orang
yang beriman. karena apabila sifat kasih sayang lepas dari jiwa kita
dikhawatirkan tidak ada lagi sifat.... |
a.
peduli
dan egois b.
peduli
dan kebersamaan c.
dermawan
dan individual d.
individualistis
dan egois e.
kebersamaan
dan ananiah |
||
48 |
Dalam
sebuah diskusi perkuliahan pendalaman materi PAI PPG terjadi perdebatan yang
sangat sengit diantara mahasiswa yang membutuhkan penyelesaian yang adil, Apa
yang dimaksud adil |
|
a.
memberi
jawaban yang benar sesuai dengan teori ilmu yang dipelajari b.
memberi
jawaban yang memuaskan ke semua pihak yang berbeda pendapat c.
memberi
jawaban yang dapat melerai pertikaian antara mereka yang berselisih d.
memberi
jawaban yang menyenangkan salah satu pihak saja e.
memberi
jawaban yang diplomatis supaya semua dapat menerima |
||
FIQIH |
||
KB-1 |
49 |
Berikut ini yang merupakan alasan jumhur
ulama menunjuk fihak penyewa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang
disewakan, adalah ... |
a.
yang
dikeluarkan zakatnya adalah hasil tanahnya bukan tanahnya b.
yang
dikeluarkan zakatnya adalah tanahnya bukan hasil tanahnya c.
yang
mekeluarkan zakatnya adalah pihak yang telah membayar d.
yang
mengeluarkan zakatnya adalah fihak yang menguasai tanah e.
yang
mengeluarkan zakatnya adalah pemilik tanahnya |
||
50 |
Imam mujtahid yang berpendapat bahwa pemilik
tanahlah yang wajib mengeluarkan dari zakat dari tanah yang disewakan,
adalah .. |
|
a.
Imam
Abu Hanifah b.
Imam
Maliki c.
Imam
Syafii d.
Imam
Ahmad bin Hambal e.
Imam
Syuyuti |
||
51 |
Menurut
Abdurrahman Hasan, Imam Abu Zahra, dan Abdul Wahab Khallaf, bahwa nisab
zakat profesi adalah .. |
|
a.
disamakan
dengan zakat tijarah (perdagangan ) b.
sekurang-kurangnya
lima wasaq atau 300 sha c.
seharga
emas seberat 93,6 gram emas murni d.
disamakan
dengan zakat rikaz (barang temuan) e.
disesuaikan
dengan pendapatan |
||
KB-2 |
52 |
Berikut ini adalah alasan kenapa
manusia disyaratkan untuk menikah kecuali .. |
a.
bersenang-senang
dengan lawan jenis secara bebas b.
mendapat
keturunan melalui jalan yang mulia c.
melampiaskan
nafsu biologis sesuai dengan syariat d.
membangun
rumah tangga yang bahagia dan harmonis e.
semua
salah |
||
|
53 |
”Seorang suami minta kepada laki-laki kaya, bangsawan atau
orang pandai agar bersedia mengumpuli istrinya yang dalam keadaan suci sampai
ia hamil. Setelah itu baru si suami mengumpulinya.” Pernyataan di atas adalah pengertian dari nikah .. |
a.
istibdha b.
khidn c.
badl d.
raht e.
mut’ah |
||
54 |
Berikut
ini adalah perkara yang termasuk ke dalam bagian rukun nikah kecuali .. |
|
a.
mengadakan
pesta b.
calon
suami dan istri c.
wali
dari calon isteri d.
mahar
(mas kawin) e.
ijab
qabul |
||
KB-3 |
55 |
Bank
yang dilihat dari operasionalnya memberlakukan sistem bunga disebut
dengan bank… |
a.
konvensional b.
Islam c.
syariah d.
Rakyat
Indonesia e.
BNI |
||
56 |
Berikut
ini adalah cara-cara yang ditempuh oleh bank Islam dalam upaya pengganti
sistem bunga kecuali,… |
|
a.
mukhbarah b.
wadiah c.
mudharabah d.
muamalah e.
musyarakah/syirkah |
||
57 |
Kerja
sama antara pemilik modal dengan pihak pelaksana
disebut dengan .. |
|
a.
musyarakah/syirkah b.
mukhbarah c.
wadiah d.
musyarakah e.
syirkah |
||
KB-4 |
58 |
Sistem
pemerintahan yang pelaksanaannya didasari oleh ajaran Islam disebut… |
a.
Khilafah b.
baiat c.
imarah d.
imamah e.
walimah |
||
59 |
Pernyataan
berikut ini adalah beberapa alasan bahwa seorang khalifah itu harus
bersifat adil, kecuali ... |
|
a.
peminpin
akan terkenal dan ditakuti b.
akan
membawa kemakmuran rakyat c.
Allah
dan rasul-Nya memerintahkan d.
merupakan
sifat pemimpin bertaqwa e.
merupakan
sifat pemimpin adil |
||
60 |
Perhatikan
kandungan ayat berikut ini! وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ
أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ Berdasarkan
ayat di atas maka masyarakat berhak untuk memeperoleh ... |
|
|
a.
keadilan
yang merata b.
pekerjaan
yang layak c.
ekonomi
yang layak d.
keamanan
yang layak e.
perjuangan
yang layak |
|
SKI |
||
KB-1 |
61 |
Mengapa Abu Bakar Assiddik
mendapat sebutan as-sabiqun
al-awwalun. |
a.
Termasuk di antara
orang-orang yang paling awal memeluk agama Islam b.
Termasuk di antara orang-orang yang paling awal hijrah
bersama Nabi Muhammad saw c.
Termasuk di antara orang-orang yang paling awal mejadi khalifah
menggantikan nabi memimpin ummat Islam d.
Termasuk di antara 10 sahabat yang dijamin masuk syurga. e.
Termasuk orang yang pertama pengganti Rasulullah. |
||
62 |
Sebagaimana yang juga dialami
oleh para pemeluk Islam pada masa awal. Abu Bakar juga mengalami penyiksaan
yang dilakukan oleh penduduk Mekkah yang mayoritas masih memeluk agama nenek
moyang mereka. Namun, penyiksaan terparah dialami oleh mereka yang berasal
dari golongan budak.Apa yang dilakukan Abu Bakar untuk meringankan penyisaan
yang dilakukan oleh kafir Quraisy terhadap kaum muslimin yang masih lemah ? |
|
a.
Memmbiarkannya dengan tetap menasehatinya supaya tetap
bersabar. b.
Memarahi dan
menasehati para tuannya agar jangan menyiksa
budaknya yang susdah memeluk agama Islam c.
Membebaskan para budak
tersebut dengan membelinya dari tuannya kemudian memberinya kemerdekaan d.
Melaporkan perlakuan orang-orang kafir Quraisy kepada Nabi
Muahammad saw e.
Jawaban a dan c benar. |
||
63 |
Pada
awal pemerintahan Abu Bakar sebagai Khalifah terjadi gelombang pemurtadan,
yaitu keluarga orang-orang dari Islam yang BUKAN menjadi alasan pemurtadan
tersebut adalah... |
|
a.
Terjadinya
perang Riddah b.
Menolak
membayar zakat c.
wafatnya
Nabi Muhammad d.
Tunduk
membabi buta terhadap pemimpin e.
Tidak
percaya kepemimpinan Abu Bakar |
||
KB-2 |
64 |
Perkembangan ilmu
pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Damaskus meliputi 3 bidang, yaitu
:..... |
a.
bidang diniyah, bidang
sariah dan bidang filsafat. b.
bidang diniyah, bidang sari’ dan bidang filsafat. c.
bidang diniyah, bidang
tarikh dan bidang filsafat. d.
bidang diniyah, bidang dakwah dan bidang filsafat. e.
bidan pendidikan, sosial dan dakwah |
||
|
65 |
Dalam menjalankan politik pemerintahannya, Muawiyah
bin Abu Sufyan mengubah kebijakan sebelumnya. Kalau pada masa Khulafaur
Rasyidin pengangkatan khalifah dilakukan dengan cara pemilihan,Maka dizaman
Muawwiyah pemilihan khalifah dilakukan dengan sistim. |
a.
Pemilihan melalui wakil wakil rakyat b.
pemilihan dengan
cara pemilihan langsung oleh rakyat c.
Pemilihan dilakukan dengan
sistim monarkhi (Monarchiheridetis ) monarkhi (Monarchiheridetis )
atau turun temurun d.
Semua jawaban salah. e.
Semua jawaban benar |
||
66 |
Baitul
mal pada masa Daulah Abbasiyah terjadi atas tiga dewan. Manakah yang
menunjukkan pemaknaan yang sesuai? |
|
a.
Al-azrau
(urusan hasil bumi) b.
Al-khazanah
(urusan perlengkapan angkatan perang) c.
Al-khazainushshilah
(urusan perlengkapan angkatan perang) d.
Al-azrau
(perbendaharaan negara) e.
Al-khazanah
(urusan hasil bumi) |
||
KB-3 |
67 |
Para sufi menyebarkan Islam di nusantara melalui dua cara, yaitu: |
a.
lewat darat dan laut b.
Dengan membentuk kader mubaligh agar mampu mengajarkan dan
menyebarkan agama Islam di daerah asalnya c.
Melalui karya tulis yang tersebar dan dibaca di berbagai
tempat, seperti Hamzah Fanshuri yang telah menulis Asrar al-Arifin fi
Bayan ila al-Suluk wal Tauhid dan Syair Perahu yang merupakan syair Sufi. d.
jawaban a dan c benar e.
Jawaban b dan c benar. |
||
68 |
Teori Gujarat sebagai tempat asal
Islam di Nusantara dipandang mempunyai kelemahan oleh Marisson.alasannya, |
|
a.
karena pada dasarnya
islam berasal dari Arab bukan berasal dari gujarat b.
meskipun batu-batu nisan tersebut berasal dari Gujarat atau
Bengal, bukan berarti Islam besal dari sana c.
ketika Islamisasi Samudra-Pasai yang raja pertamanya wafat
698 H/1297 M, Gujarat masih merupakan sebuah kerajaan bercorak Hindu. d.
jawaban a,c benar. e.
jawaban a,b
benar. |
||
69 |
Salah
satu bentuk arsitektur Islam yang merupakan hasil proses akulturasi seni
bangunan Jawa Hindu dan Islam adalah Masjid Menara Kudus. Mengapa demikian? |
|
a.
Karanena
menara masjid Menara Kudus berbentuk candi b.
Karena
bahan Menara Kudus terbuat dari batu bata c.
Karena
bangunan masjidnya terbuat dari batu seperti candi d.
Karena
bentuk bangunan masjid diadopsi dari bentuk candi e.
Karena
proses bangunannya masih dikelilingi oleh masyarakat Hindu |
||
KB-4 |
70 |
Kitab al-Muqoddimah Ibnu Khaldun merupakan
karya monumental yang mengundang para pakar untuk meneliti dan mengkajinya.
Buku Muqaddimah yang ia tulis benar-benar telah mebuka mata para
ilmuwan muslim maupun non muslim untuk mengkajinya,kitab tersebut merupakan
karya besar tokoh Islam yaitu... |
a.
Hasan Al-Banna b.
Muhammad Abduh c.
Ibnu Khaldun d.
Ibnu Battutah e.
Al Khawarizmi |
||
71 |
Salah satu kerajaan pertama yang bisa menerima Islam
di Afrika Barat adalah Kekaisaran |
|
a.
Kekaisaran Ghana (830-1235
M) b.
Kerajaan Mali (1324-1325) c.
Kerajaan Mogul (1240-1301) d.
kekaisaran Romawi ((1325-1340) e.
kekaisaran Mesir kuno (1235-1350) |
||
72 |
Salah
satu tokoh muslim Indonesia yang terkenal memiliki sikap membela minoritas
dan non muslim dan melakukan kerjasama dengan siapa saja secara terbuka, baik
dengan kelompok kristen, hindu, budha, maupun kelompok Islam yang lain
adalah... |
|
|
a.
Hasyim
Asy’ari b.
Ahmad
Dahlan c.
Gus
Dur d.
Nurcholis
Majid e.
HAMKA |
PAI
KONTEMPORES |
||
KB-1 |
73 |
Radikalisme sering dikaitkan dengan
terorisme karena kelompok radikal dapat melakukan cara apapun agar
keinginannya tercapai, termasuk meneror pihak yang tidak sepaham dengan
mereka. Siapa sesungguhnya
kelompok radikal ini? Di Asia Tenggara, secara umum kelompok radikal dapat
diidentifikasi ciri-cirinya, yaitu, kecuali….. |
a.
mengharamkan
sesuatu pada diri dan orang lain padahal Allah Swt dan Rasul-Nya tidak pernah
mengharamkannya b.
berlebihan
di dalam memaknai ayat dan hadis yang pada hakikatnya tidak sejalan dengan
tujuan umum syari’ah c. Berjenggot, menggunakan baju koko, dan menggunakan
peci putih d.
Melakukan
perjalanan jihad dengan menelantarkan keluarganya. e.
Mengharamkan
acara walimah |
||
74 |
Salah satu indikator islam radikal adalah akidah
al-wala’ wal-baro’. Maksudnya ialah…… |
|
a.
salah
kaprah dalam menerapkan konsep akidah al-wala’ wal-baro’ b.
Dalam
terminologi syari’at Islam, al-Walâ’ berarti penyesuaian diri seorang hamba
terhadap apa yang dicintai dan diridhai Allah c.
Kata
barî’ berarti membebaskan diri dengan melaksanakan kewajibannya terhadap
orang lain. d.
Walâ’ wal barâ’ merupakan salah satu di antara tuntutan syahadat
yang diikrarkan oleh seorang mukmin. e.
Mencintai dan membenci seseorang semata mata
karena Allah |
||
75 |
Dalam Islam memang ada orang yang boleh dikafirkan,
ada juga yang tidak boleh dikafirkan. Oleh karena itu ulama mengklasifikasikan
kekufuran menjadi dua katagori yaitu kafir ashgaor dan kafir akbar. Berikut
ini adalah contoh contoh kafir akbar, yaitu…… |
|
a.
Mencaci Allah, memaki Nabi-Nya, menyakiti
Nabi, bersujud kepada kuburan, memegang mushap dengan tangan kiri b.
Bersumpah atas nama Allah, memaki Nabi-Nya,
menyakiti Nabi, bersujud kepada kuburan dan patung c.
Tidak menerima takdir Allah, memaki
Nabi-Nya, bersujud kepada kuburan dan patung, melemparkan mushaf ke tempat
kotor, memaki Nabi-Nya, menyakiti Nabi, bersujud kepada kuburan dan patung,
melemparkan mushaf ke tempat kotormencaci Allah, memaki Nabi-Nya, menyakiti
Nabi, bersujud kepada kuburan dan dan membunuh orang muslim d.
Menghina Allah, memaki dan atau menyakiti
NabiNya, ziarah kubur dan melemparkan mushaf ke tempat kotor e.
Mencaci Allah, memaki Nabi-Nya, menyakiti
Nabi, bersujud kepada kuburan dan patung, melemparkan mushaf ke tempat kotor |
||
KB-2 |
76 |
Hukum
jual beli online menjadi sah jika memenuhi syarat dan rukun jual beli secara
konvnsional, antara lain adalah kejelasan barang yang diperjualbelikan. mayoritas mazhab Syafii
menyarankan agar barang yang akan dijual belikan harus terlihat terlebih dahulu
secara kasat mata merupakan…. |
a. Bentuk ihtiyath
(kehati-hatian) agar tidak terjadi penipuan pada penjual b. Bentuk ihtiyath
(kehati-hatian) agar tida terjadi pembayaran kredit c.
Bentuk ihtiyath (kehati-hatian) agar
tidak terjadi pemubaziran tenaga d. bentuk ihtiyath
(kehati-hatian) agar tidak terjadi penipuan e.
Bentuk pemanfaatan teknologi |
||
|
77 |
Seiring majunya teknologi dan informasi,
ada beberapa rukun nikah yang
dilaksanakan secara jarak jauh dengan bantuan
teknologi. Beberapa yang kerap ditemui adalah mempelai pria mengucapkan kabul
di tempat yang jauh dari wali.
Bagaimana hukum nikah semacam ini berdasarkan pendpat Imam Syafi’i ? |
a. Sunnah b. Tidak sah c.
Sah d. Wajib e.
Makruh |
||
78 |
Berikut ini yang merupakan praktek jual beli yang
dilakukan secara online adalah….. |
|
a.
Penjual dan pembeli bertemu secara langsung b.
Menggunakan media internet, penjual
mendeskripsikan barangnya melalui gambar, bila sudah ocok pembeli
menteransfer sesuai kesepakatan. c.
Penjual dan pembeli tidak bertemu secara
langsung, dan pembeli meneransefer biaya sesuai perjanjian d.
Penjualdan pembeli menggunakan saksi masing
masing e.
Pembeli bebas ongkos kirim |
||
KB-3 |
79 |
gender berbeda dengan jenis kelamin. Untuk memahami gender secara holistik,
diperlukan pemhaman tentang sifat gender, peran gender, dan ranah gender,
sifat dan tingkah laku gender. Beberapa hal berikut yang merupakan faktor
pembentuk aspek-aspek gender adalah: |
a.
Value (nilai), kultur,
serta ajaran agama b.
Value (nilai), kultur,
serta ijtihad ulama fiqih c.
Perdes, kultur, serta norma masyarakat d.
Value (nilai), kultur, serta norma masyarakat e.
value (nilai), kultur, norma masyarakat dan agama |
||
80 |
Sejauh
ini muncul anggapan bahwa ajaran Islam diwarnai dengan
ketidakadilan gender. Perempuan hanya berada pada sekitar kehidupan rumah tangga seperti sumur, dapur
dan kasur. Kesalahpahaman ini menurut ahli disebabkan
oleh kesimpulan yang terburu-buru tentang…… |
|
a. Ranah gender b. Sifat gender c.
Peran gender d. Makna gender e.
kualitas gender |
||
81 |
Perilaku LGBT (Lesbian,
Gay, Biseksual dan Transgender) bukanlah penyakit atau genetik tetapi
merupakan tindak kejahatan. Untuk mencegah
kejahatan yang sangat membahayakan ini, Islam memberikan beberapa ketentuan,
agar terhindar dari perilaku tersebu, yaitu….. |
|
a.
Memisahkan tempat tidur anak ketika ketika sudah berumur 10
tahun b.
Menghindari perilaku wanita menyerupai pria dan sebaliknya c.
Memilih teman pergaulan dan menghindari pergaulan bebas d.
Mewujudkan keluarga harmonis yang penuh ketenangan dan
diliputi kasih sayang e.
Berpakaian yang menutup aurat seperti cadar |
||
KB-4 |
82 |
Ucapan
selamat natal kepada kaum Kristiani seolah menjadi isu tahunan yang
kontroversial. Berkaitan dengan hal tersebut para ulama berbeda pendapat.
Disamping ada yang membolehkan, ada pula yang mengharamkannya. Apakah alasan
yang menjadi sebab keharaman mengucapkan selamat natal: |
a.
memberikan
kesaksian palsu dan membenarkan keyakinan untuk Kristen b.
memberikan
kesaksian yang benar dan membenarkan keyakinan umat Kristen c.
mengakui
kebenaran isa sebagai Tuhan yang dilahirkan d.
meyakini
kebenaran Isa sebagai anak Allah yang dilahirkan |
||
83 |
Sebagai
sahabat Nabi diberitakan menikahi ahlul kitab. Kehalalan yang berlaku pada
sahabat ini didasarkan pada alasan-alasan berikut ini, kecuali: |
|
a.
Pria
pemimpin rumah tangga dianggap berkuasa penuh atas isterinya b.
Pria
muslim lebih kuat dari pada pria non muslimah c.
Wanita
kitabiyah memiliki agama yang kuat dibanding pria d.
Wanita
kitabiyah berpegang teguh kepada agamanya |
||
84 |
Seorang
Muslim menikah dengan laki-laki non Muslim secara mutlak, baik laki-laki itu
dari golongan Ahli Kitab (Yahudi dan
Nasrani) ataupun dari agama musyrik lainnya, secara ijma’ ulama menghukumi
haram atas perbuatan tersebut. Hal ini berdasarkan ayat al-Qur’an, yaitu: |
|
|
a.
QS.
Al-Maidah/5:5 b.
QS.
Al-Baqarah/2:223 c.
QS.
Al-Baqarah/2:221 d.
QS.
Al-Maidah/5:55 e.
QS.
Al-Maidah/5:15 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar