Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Kamis, 11 Mei 2023

Imam Ashanhaji Pengarang Kitab Jurumiyah Membuang Kitab Ke Laut Untuk Menguji Keikhlasannya

Berikut ini kisah Keikhlasan Mushonif Kitab Jurumiyah Yaitu Imam Ashanhaji, Yang Membuang Kitabnya Ke Laut. Disebabkan bahwa Syekh Ashanhaji dan ikhlasnya dalam berkarya siapa yang tidak kenal dengan kitab ­Matan al jurumiah atau biasa cukup disebut jurumiyah? Salah satu kitab nahwu yang sangat populer dalam dunia pendidikan, khususnya pesantren. 

Penulisnya adalah syekh Shanhaji. Nama lengkapnya adalah abu abdillah muhammad bin muhammad bin ajurrum as shanhaji. Beliau dilahirkan di kota Fes, Maroko, tahun 672 H, dan wafat pada tahun 723 H. Namanya dikenang sepanjang masa disebabkan karyanya yang sangat sederhana namun ada keikhlasan di dalamnya, sehingga karyanya terus berlanjut dan dipelajari oleh umat Islam.   

Imam Kafrawi dalam Syarah kitab Jurumiyah, menyebutkan perihal keikhlasan syekh Shanhaji ketika menulis kitabnya. menurutnya, ketika Syekh Shanhaji hendak menulis kitabnya, ia menghadap kiblat dan memohon kepada Allah untuk memberikan manfaat dan keberkahan di dalam karyanya. Ketika beliau berhasil merampungkannya, beliau justru membuang kitab yang sudah ditulisnya ke tengah lautan, kemudian berkata,  

ان كان خالصا لوجه الله تعالى فلا يبل

Apabila (kitab ini) murni ikhlas semata karena allah swt, maka (tentu) tidak akan basah.

Atas izin allah dan berkat keikhlasan syekh shanhaji dalam beramal, kitab ajurumiyah yang ditulisnya tidak basah sedikit pun, bahkan banyaknya air di samudera tidak membekas pada kitab tersebut. Ajurumiyah tetap utuh sebagaimana sebelum dilempar pada lautan.

Jadi, Kitab ajurumiyah, kitab kecil dan sangat ringkas dalam ilmu nahwu begitu berkembang dan berkelanjutan, tidak sedikit para ulama yang mensyarahi menjadi kitab yang lebih luas dan lebih detail. Meski demikian, syarah syarah jurumiyah tidak mempengaruhi keberkahannya, ia tetap menjadi kitab pokok sekali pun sudah disyarahi berjilid jilid.


Referensi : kitab kafrawi hal 4

(Saduran dari Facebook)

Wallahu a'lamu bissowab

Semoga bermanfaat...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar