Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Jumat, 21 April 2023

DUA PILIHAN DO'A SALAT DUHA (Kitab Nihayatuzzain)


Adapun do'a yang di sunnahkan untuk dibaca setelah selesai pelaksanaan shalat duha ada 2 Riwayat hadist, yaitu :


1. Berdasarkan riwayat dari Ibnu ‘Ulwan. Doa ini dibaca setelah selesai shalat duha,

اَلَّلهُمَّ فُكَّ اِقْفَالَ قُلُوْبِنَا بِمَشِيْئَتِكَ وَاَحْسِنْ تَوْفِيْقَنَا بِدَوَامِ الصِّدْقِ فِيْ اِرَادَتِكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِيْ هَذِهِ السَّاعَةِ  رَايَةَ هِدَايَتِكَ  وَقَلِّدْنَا بِسُيُوْفِ وِلَايَتِكَ وَتُوَجِّنَا بِتِيْجَانِ مَعْرِفَتِكَ وَاَمْطِرْ عَلَيْنَا مِنْ سَحَائِبِ مَغْفِرَتِكَ وَاسْقِنَا مِنْ شَرَابِ مَحَبَّتِكَ وَاَثْبِتْنَا فِيْ دِيْوَانِ خَاصَّتِكَ وَاَوْقِفْنَا فِيْ مَيْدَانِ مُلَاحَظَتِكَ وَصَفِّ سَرَائِرَنَا وَنَوِّرْ اَبْصَارَنَا وَاجْمَعْنَا فِيْ حظائر قدسك وَ ﺁنِسْنَا بِلَطِيْفِ اُنْسِكَ وَلَا تَقْطَعْنَا بِغَيْرِكَ عَنْ نَفْسِكَ اَلَّلهُمَّ مَا كَانَ مِنَّا مِنْ اِقْبَالِ اِلٰى غَيْرِكَ وَاِعْرَاضٍ عَنْكَ تَعَمُّدًا اَوْ خَطَأً اَوْ نِسْيَانًا فَاَزِلْهُ عَنَّا اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Artinya : Ya Allah, bukalah ikatan yang membelenggu hati kami dengan izinmu-Mu, perbaikilah jalan petunjuk kami dengan senantiasa jujur dalam menerima kehendak-Mu, bentangkanlah pada saat ini juga panji hidayah-Mu atas kami, bentengilah kami dengan pedang-pedang penjagaan-Mu, mahkotailah kami dengan mahkota ma’rifat-Mu. Hujanilah kami dengan ampunanmu, suguhilah kami dengan minuman mahabbah-Mu. Tetapkanlah kami dalam catatan khusus-Mu, tetapkanlah kami dalam area penjagaan-Mu, dan murnikanlah hati-hati kami, terangilah penglihatan kami, dan kumpulkanlah kami dalam perlindungan suci-Mu, kasihanilah kami dengan lembutnya kasih sayang-Mu, dan jangan putuskan kami dari-Mu sebab selain-Mu.

Ya Allah jika ada dari kami suatu pengharapan pada selain-Mu dan keberpalingan darimu, baik yang di sengaja, keliru, atau lupa, maka lepaskanlah ia dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa ata segala-galanya.


2. Diriwayatkan dari Sayyidi Muhammad Al-Bakri. Doa ini juga dibaca setelah shalat duha, sebagaimana berikut ini :

اِنَّ الضُحَا ضُحَاؤُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاؤُكَ وَالنُّوْرَ نُوْرُكَ وَالْعَظَمَةُ عَظَمَتُكَ اَسْأَلُكَ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَعِزَّتِكَ وَجَلَالِكَ اَنْ تَسَخَّرَ لِيْ رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا يَكُوْنُ عِصْمَةً لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَعَوْنًا لِيْ عَلَى ﺁخِرَتِيْ اَلَّلهُمَّ اَحْيِ رُوْحِيْ بِبَارَقَةٍ تَسْرِيْ فِيْ اَيِّ صُوْرَةٍ اَحْبَبْتُهَا بِكَ وَاَرِنِيْ بَدَائِعَ حِكْمَتِكَ فِيْ صُنْعِكَ حَتَّى اَحْكُمَ بِصُنْعَةِ كُلِّ مَصْنُوْعٍ فَاُقَابِلُ كُلًّا بِمَا يَجِبُ لَهُ عَلَيّ حَتَّى يَحْيَا لِيْ كُلُّ قَلْبٍ مَيِّتٍ وَتنْقَادُ لِيْ كُلُّ نَفْسٍ اَبِيَّةٍ اِنَّ شَأْنَكَ الْعَدْلُ وَ الْاِصْلَاحُ وَاِلَيْكَ تُنْقَادُ النُّفُوْسُ وَالْاَرَوَاحُ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Artinya : Sesungguhnya waktu duha adalah waktu duha-Mu, dan kemuliaan adalah kemulian-Mu, dan cahaya adalah cahaya-Mu, dan keagungan adalah keagungan-Mu, hamba mohon dengan perantara duha-Mu, kemuliaan-Mu, kemenangan-Mu, dan keagungan-Mu, sibukkanlah hamba dalam mencari rejeki yang halal dan baik, yang  ia dapat menjagaku dalam urusan agama dan dunia, dan menolong hamba atas  kehidupan akhirat.

Ya Allah hidupkanlah jiwa hamba dengan penuh cahaya yang berjalan pada semua hal yang hamba cintai karena-Mu, tunjukkanlah pada  hamba keindahan himah-Mu dalam ciptaan-Mu sehingga aku bisa menghukumi semua yang tercipta, maka aku mampu menerima semua yang diwajibkan padaku, sehingga hati yangmati bisa hidup sebab perantaraku, dan jiwa-jiwa yang terhina menjadi terarah karena perantaraku. Sesungguhnya Engkau Maha Adil dan Maha Memperbaiki. Kepada-Mu jiwa-jiwa dikembailikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala  sesuatu. Wallahu 'alam.

Referensi dari kitab,

نهاية الزين فى إرشاد المبتدئين                     ١٠١ - ١٠٢


Semoga bermanfaat...

                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar