Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Jumat, 18 September 2020

LAPORAN WIDYAWISATA


KATA PENGANTAR 

          Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis berjudul Laporan Widya Wisata  Karya tulis ini disusun guna memenuhi tugas dari bapak dosen study tour di Politeknik Pariwisata Lombok.

              Penyusunan karya tulis ini dapat terselesaikan karena bantuan, bimbingan, serta dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih yang tulus kepada :

1. Yang terhormat Bapak Dr. Hamsu Hanafi, MM.

2. Yang terhormat Bapak Krismon

          Penulis berharap semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya.

 

Penulis

 

Daftar Isi 

SAMPUL………………………………………...…………………………………..........1

KATA PENGANTAR……………………………………………………………............2

DAFTAR ISI…………………………...………………………………………….............3 

BAB 1 PENDAHULUAN

A.     Latar belakang…………………………………………………………….....................4

B.      Tujuan kegiatan……………………………………………………………...................4

C.      Manfaat Kegiatan………………………………………………………........................5 

BAB II ISI

A.     Profil hotel Santika Mataram …………………………………….................................6

B.      Bentuk pelayanan Hotel Santika Mataram…………………………………..................6

C.      Departemen Departemen Hotel Santika Mataram………………………………..........7

D.     Fasilitas penunjang hotel  Santika Mataram…………………………………...............9

E.      Tampilan hotel Santika Mataram……………………………………............................9 

BAB 3 PENUTUP

A.      Kesimpulan………………………………………………………………..................11

B.     Saran…………………………………………………………..……….......................11

 

DAFTAR RUJUKAN ......................................................................................................12

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.     Latar belakang

          Widya wisata merupakan sarana refreshing social education terhadap aktifitas rutin Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di poltekpar lombok. oleh sebab itu, pemilihan objek wisata yang dikunjungi bukan untuk refreshing semata, namun harus ada nilai-nilai social dan pendidikan supaya dapat menambah hubungan baik antar sesama manusia maupun lingkungan dan dapat menambah pengetahuan tentang lingkungan sekitar yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air karena keindahan alam ataupun nilai sejarah objek wisata yang dikunjungi.

Politeknik pariwisata lombok, sebagai lembaga pendidikan memiliki visi misi yaitu “menjadi institusi pendidikan tinggi kepariwisataan”.Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolah memprogramkan kurikulum widya wisata diantara kurikulum lain yang wajib ditempuh. Wujud nyata dalam pelaksanaan widya wisata yaitu menyusun karya tulis sebagai laporan pertanggung jawaban atau bukti bahwa penyusun karya tulis telah mengikuti widya wisata dan adanya kerja sama dari masing-masing mahasiswa untuk menyusun karya tulis secara mandiri  Selain itu, karya tulis wajib disusun karena untuk memenuhi tugas kampus

B.       Tujuan Kegiatan

Widya wisata ini memiliki tujuan antara lain :

1.       Menambah pengetahuan dan wawasan.

2.       Melatih diri untuk bekerja sama khususnya saling menukar informasi antar mahasiswa dalam kelompok maupun diluar kelompok.

3.       Menanamkan rasa tanggung jawab untuk menjalankan semua tugas yang diberikan

4.       Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rasa syukur atas karunia Allah SWT yang menciptakan alam semesta, serta menumbuhkan sikap untuk menjaga kelestarian lingkungan.

C.     Manfaat Kegiatan

              1.       Menambah wawasan dan pengetahuan

              2.       Memperoleh pengalaman-pengalaman baru

              3.       Sebagai tambahan materi diluar kampus


BAB II

PEMBAHASAN/ISI

A.    Profil hotel Santika Mataram   

Hotel Santika Mataram adalah sebuah jaringan hotel dari Santika Indonesia Hotels & Resorts yang dibangun khusus di Lombok untuk memenuhi kebutuhan akomodasi para wisatawan yang kian meningkat.

Hotel ini menjadi hotel Santika yang ke-16 dan ke-46 dalam urutan Grup Santika Indonesia Hotels & Resorts. Hotel bintang tiga ini menawarkan berbagai layanan prima yang bisa Anda nikmati saat sedang berlibur di Pulau Lombok.

Lokasi Hotel Santika Mataram sangat strategis dan berada di kawasan pusat keramaian yang ada di Kota Mataram, sehingga sangat mudah dijangkau sekaligus memudahkan akses ke berbagai tempat umum.

Misalnya untuk menuju ke Mataram Mall yang merupakan kompleks perbelanjaan terbesar di Lombok dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama beberapa menit saja.

Sedangkan untuk menuju ke objek wisata Pantai Senggigi yang terkenal dengan keindahannya dapat dicapai dengan hanya berkendara sekitar 15 menit saja.

Hotel Santika Mataram menggunakan konsep kombinasi antara tradisi lokal dengan sentuhan alami yang akan memberikan sensasi kepada para tamu berupa keramahan Indonesia.

Di Hotel Santika Mataram para tamu akan selalu mendapat sambutan hangat dari setiap staff yang selalu siap melayani setiap saat.

Ada 123 kamar yang dimiliki oleh Hotel Santika Mataram yang terdiri atas 103 kamar superior, 12 kamar deluxe, 2 kamar executive dan 6 kamar suite.

Setiap kamar yang  ada di Hotel Santika Mataram menggunakan konsep desain modern minimalis sehingga nampak sangat anggun dan berkelas.

B.     Bentuk-bentuk  pelayanan hotel

  1. Semua seprai disanitasi dengan pencucian bersuhu tinggi
  2. Tamu di area publik diharuskan mengenakan masker
  3. Staf di area publik diharuskan mengenakan masker
  4. Lantai diberi tanda untuk menjaga jarak fisik
  5. Tersedia penyanitasi tangan untuk tamu dan staf
  6. Area yang sering dilalui disanitasi secara rutin
  7. Staf diharuskan rutin mencuci tangan
  8. Pemeriksaan suhu rutin untuk staf
  9. Dokter dapat dipanggil setiap saat
  10. Perlengkapan mandi yang dibungkus secara terpisah

C.    Departemen – Departemen hotel santika mataram

   Ada beberapa departemen yang terdapat di Hotel Santika Premiere Malang memiliki tugas tanggung jawab yang berbeda-beda. Namun antara satu departemen dengan departemen yang lain saling berhubungan terikat karena untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan bersama. Berikut beberapa departemen tersebut :

1.      Front Office Departement

Departemen ini berada di Front of The House yaitu bertemu langsung dengan tamu dan terdiri atas beberapa bagian seksi yaitu :

a.       Reservation : yang bertugas menerima pemesanan kamar tamu baik untuk tamu individu maupun rombongan yang memesan melalui fax, telephone, e-mail, maupun surat.

b.      Reception : yang bertugas menerima tamu, memproses kedatangan tamu dan membantu tamu yang hendak menginap kehotel. Baik yang sudah pesan sebelumnya maupun yang datang langsung Walk In Guest serta menyiapkan kunci kamar dan fasilitas-fasilitas lain yang diberikan kepada tamu seperti meal coupon untuk breakfast.

c.       Guest Relation : yang bertugas untuk melayani tamu regular atau tamu yang mempunyai keterikatan bisnis VIP guest seperti Kompas, Gramedia dan melayani pihak luar yang akan mengadakan acara even yang akan diadakan didalam hotel.

d.      Operator : yang bertugas menerima telepon dari luar maupun dalam hotel serta menyambungkan telepon keluar maupun dalam hotel.

e.       Bellboy : yang bertugas membatu mengantarkan barang bawaan tamu.

2.      Housekeeping Departemen

Departemen ini bertugas untuk memelihara kebersihan, kerapihan, kenyamanan area hotel baik kamar tamu maupun area umum dihotel. Di Hotel Santika Premiere Malang, Housekeeping Departement dibagi mernjadi beberapa bagian yaitu Room Section dan Public Area.

3.      Laundry dan Linen Section

Bagian ini bertugas dan bertanggung jawab terhadap pencucian baik pakaian tamu, seragam karyawan maupun linen – linen yang digunakan untuk kelancaran operasional hotel. Dan bertanggung jawab terhadap pengadaan dan penggantian linen.

4.      Food and Beverage Departement

departemen ini bertugas melayani pemesanan makanan dan minuman bagi tamu hotel dikamar dan menyiapakan makanan dan minuman bagi tamu yang datang ke restoran. Serta mengatur menata menu yang akan dibuat untuk season musim tertentu untuk menu promo 2 bulanan. Departemen ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu : 1) Food Beverage Service 2) Food Beverage Product

5.      Engineering Departement

Departemen ini bertanggung jawab atas perawatan seluruh pelaratan dan perlengkapan hotel baik bersifat elektrik maupun non elektrik serta melakukan pemeriksaan seluruh peralatan agar berfungsi secara normal.

6.      Accounting Departement

Departemen ini bertanggung jawab terhadap pembukuan keuangan hotel, antara lain : 1). Membuat pembukuan keuangan hotel. 2). Mengatur pengeluaran hotel. 3). Mengatur keuangan gaji karyawan. 4). Membuat laporan keuangan hotel tiap bulan dan tahunan.

7.      Sales Marketing Departement

Departemen ini bertugas untuk memasarkan produk jasa yang ada dihotel kemasyarakat luas dan mengambil kebijakan pemasaran serta strategi untuk memperluas segmen pasar dan promosi agar hotel mengalami peningkatan hunian dan revenue.

8.      Security Departement

Departemen ini memiliki tugas untuk : 1. Mengamankan seluruh area hotel agar aman dan nyaman bagi tamu hotel maupun karyawan. 2. Mengatur Parking Area di Basement. 3. Bekerjasama dengan bagian lain saat check floor dan bila ada yang kurang tepat segera diinfokan kedepartemen yang bersangkutan untuk segera ditindak lanjuti.

9.      Human Resources Departement

Departemen ini bertugas untuk : 1. Melakukan perekrutan karyawan hotel. 2. Pengangkatan karyawan hotel. 3. Melakukan pergantian dan pemindahan karyawan hotel. 4. Memberikan sanksi bagi karyawan yang melakukan kesalahan atau melanggar aturan hotel. 5. Melakukan pemberhentian karyawan hotel. 6. Melakukan seleksi trainee bagi Mahasiswa Perhotelan dan Siswa SMK jurusan Perhotelan maupun Tata Boga.

D.    Fasilitas penunjang hotel santika mataram

Fasilitas yang ada di setiap kamar Hotel Santika Mataram ini antara lain LCD TV, tea/coffee maker, safe deposit box, serta akses internet melalui Wifi yang tersedia di kawasan hotel.

Fasilitas pendukung lainnya juga tidak kalah menarik, contohnya Kafe Bayan, Lobby Lounge dan meeting room yang mempunyai kapasitas 200 orang.

Selain itu juga ada fitness center yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesegaran tubuh. Kolam renang untuk dewasa dan anak-anak juga disediakan.

Perpaduan antara sentuhan lokal, konsep alami sekaligus desain yang modern menjadikan Hotel Santika Mataram sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai bersama teman atau keluarga.

E.     Tampilan hotel Santika Mataram






BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dengan adanya job orientasi ini mahasiswa dapat mengerti keadaan di lapangan dan paham terhadap semua department pada khususnya departemen Sales & Marketing. Mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan baik dari segi teori maupun praktek di lapangan yang khususnya di department Sales & Marketing dan mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana cara bekerjasama antar bagian department baik di dalam hotel maupun luar lembaga dan cara menjaga keharmonisan dalam melaksanankan suatu organisasi dan mengerti dimana posisi yang ditempatkan oleh lembaga atau perusahaan yang di jalan 

B.     Saran

Adapun saran – saran yang dapat di kemukakan untuk Hotel Santika Mataram yaitu sebagai berikut :

           1.      Harus lebih ramah bila ada tamu atau mahasiswa yang ingin berkunjung baikmelakukan job orientasi maupun untuk menginap.

          2.      Harus juga perlu melakukan pengukuran kesenjangan kualitas pelayanan yangterjadi antara pelayanan yang di harapkan oleh tamu dengan kenyataan yang diterima

            3.      Meningkatkan mutu pelayanan terhadap kamar- kamar tamu


Daftar Rujukan

 

https://www.lomboktourplus.com/hotel-santika-mataram/

https://www.tripadvisor.co.id/Hotel_Review-g297734-d3318624-Reviews-Hotel_Santika_Mataram_Lombok-Mataram_Lombok_West_Nusa_Tenggara.html

https://text-id.123dok.com/document/rz3d8749y-departemen-department-hotel-santika-premiere-malang.html

https://www.traveloka.com/id-id/hotel/indonesia/hotel-santika-mataram---lombok-334616


SEMOGA BERMANFAAT....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar