KATA PENGANTAR
Puji syukur
kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya sehingga kami
dapat menyelesaikan karya tulis berjudul Laporan Widya Wisata Karya
tulis ini disusun guna memenuhi tugas dari bapak dosen study tour di Politeknik Pariwisata Lombok.
Penyusunan karya tulis ini dapat terselesaikan karena bantuan, bimbingan, serta
dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih yang
tulus kepada :
1. Yang terhormat Bapak Dr. Hamsu Hanafi, MM.
2. Yang terhormat Bapak Krismon
Penulis berharap semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya
dan penulis pada khususnya.
Penulis
Daftar Isi
SAMPUL………………………………………...…………………………………..........1
KATA PENGANTAR……………………………………………………………............2
DAFTAR ISI…………………………...………………………………………….............3
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
Latar belakang…………………………………………………………….....................4
B.
Tujuan kegiatan……………………………………………………………...................4
C. Manfaat Kegiatan………………………………………………………........................5
BAB II ISI
A.
Profil hotel Santika Mataram …………………………………….................................6
B.
Bentuk pelayanan Hotel Santika Mataram…………………………………..................6
C.
Departemen Departemen Hotel Santika Mataram………………………………..........7
D.
Fasilitas penunjang hotel Santika
Mataram…………………………………...............9
E. Tampilan hotel Santika Mataram……………………………………............................9
BAB 3 PENUTUP
A. Kesimpulan………………………………………………………………..................11
B. Saran…………………………………………………………..……….......................11
DAFTAR RUJUKAN
......................................................................................................12
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Widya wisata merupakan sarana refreshing social education terhadap
aktifitas rutin Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di poltekpar
lombok. oleh sebab itu, pemilihan objek wisata yang dikunjungi
bukan untuk refreshing semata, namun harus ada nilai-nilai social dan pendidikan
supaya dapat menambah hubungan baik antar sesama manusia maupun lingkungan dan
dapat menambah pengetahuan tentang lingkungan sekitar yang dapat menumbuhkan
rasa cinta tanah air karena keindahan alam ataupun nilai sejarah objek wisata
yang dikunjungi.
Politeknik pariwisata lombok, sebagai lembaga pendidikan memiliki visi misi yaitu “menjadi institusi pendidikan tinggi kepariwisataan”.Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolah memprogramkan kurikulum widya wisata diantara kurikulum lain yang wajib ditempuh. Wujud nyata dalam pelaksanaan widya wisata yaitu menyusun karya tulis sebagai laporan pertanggung jawaban atau bukti bahwa penyusun karya tulis telah mengikuti widya wisata dan adanya kerja sama dari masing-masing mahasiswa untuk menyusun karya tulis secara mandiri Selain itu, karya tulis wajib disusun karena untuk memenuhi tugas kampus
B. Tujuan Kegiatan
Widya wisata ini memiliki tujuan antara lain :
1.
Menambah pengetahuan dan wawasan.
2.
Melatih diri untuk bekerja sama
khususnya saling menukar informasi antar mahasiswa dalam
kelompok maupun diluar kelompok.
3.
Menanamkan rasa tanggung jawab untuk
menjalankan semua tugas yang diberikan
4. Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rasa syukur atas karunia Allah SWT yang menciptakan alam semesta, serta menumbuhkan sikap untuk menjaga kelestarian lingkungan.
C. Manfaat
Kegiatan
1.
Menambah wawasan dan pengetahuan
2.
Memperoleh pengalaman-pengalaman
baru
3.
Sebagai tambahan materi diluar kampus
BAB II
PEMBAHASAN/ISI
A.
Profil hotel Santika Mataram
Hotel Santika Mataram adalah sebuah jaringan hotel dari
Santika Indonesia Hotels & Resorts yang dibangun khusus di Lombok untuk
memenuhi kebutuhan akomodasi para wisatawan yang kian meningkat.
Hotel ini menjadi hotel Santika yang ke-16 dan ke-46
dalam urutan Grup Santika Indonesia Hotels & Resorts. Hotel bintang tiga
ini menawarkan berbagai layanan prima yang bisa Anda nikmati saat sedang
berlibur di Pulau Lombok.
Lokasi Hotel Santika Mataram sangat strategis dan berada
di kawasan pusat keramaian yang ada di Kota Mataram, sehingga sangat mudah
dijangkau sekaligus memudahkan akses ke berbagai tempat umum.
Misalnya untuk menuju ke Mataram Mall yang merupakan
kompleks perbelanjaan terbesar di Lombok dapat dijangkau dengan berjalan kaki
selama beberapa menit saja.
Sedangkan
untuk menuju ke objek wisata Pantai Senggigi yang terkenal dengan keindahannya
dapat dicapai dengan hanya berkendara sekitar 15 menit saja.
Hotel Santika Mataram menggunakan konsep kombinasi antara
tradisi lokal dengan sentuhan alami yang akan memberikan sensasi kepada para
tamu berupa keramahan Indonesia.
Di Hotel Santika Mataram para tamu akan selalu mendapat
sambutan hangat dari setiap staff yang selalu siap melayani setiap saat.
Ada
123 kamar yang dimiliki oleh Hotel Santika Mataram yang terdiri atas 103 kamar
superior, 12 kamar deluxe, 2 kamar executive dan 6 kamar suite.
Setiap kamar yang ada di Hotel Santika Mataram menggunakan konsep desain modern minimalis sehingga nampak sangat anggun dan berkelas.
B.
Bentuk-bentuk pelayanan hotel
- Semua
seprai disanitasi dengan pencucian bersuhu tinggi
- Tamu
di area publik diharuskan mengenakan masker
- Staf
di area publik diharuskan mengenakan masker
- Lantai
diberi tanda untuk menjaga jarak fisik
- Tersedia
penyanitasi tangan untuk tamu dan staf
- Area
yang sering dilalui disanitasi secara rutin
- Staf
diharuskan rutin mencuci tangan
- Pemeriksaan
suhu rutin untuk staf
- Dokter
dapat dipanggil setiap saat
- Perlengkapan
mandi yang dibungkus secara terpisah
C.
Departemen – Departemen hotel santika mataram
Ada beberapa departemen yang terdapat di
Hotel Santika Premiere Malang memiliki tugas tanggung jawab yang berbeda-beda.
Namun antara satu departemen dengan departemen yang lain saling berhubungan
terikat karena untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan bersama. Berikut
beberapa departemen tersebut :
1.
Front Office Departement
Departemen ini berada di Front of The House yaitu bertemu
langsung dengan tamu dan terdiri atas beberapa bagian seksi yaitu :
a.
Reservation : yang
bertugas menerima pemesanan kamar tamu baik untuk tamu individu maupun
rombongan yang memesan melalui fax, telephone, e-mail, maupun surat.
b.
Reception : yang
bertugas menerima tamu, memproses kedatangan tamu dan membantu tamu yang hendak
menginap kehotel. Baik yang sudah pesan sebelumnya maupun yang datang langsung
Walk In Guest serta menyiapkan kunci kamar dan fasilitas-fasilitas lain yang
diberikan kepada tamu seperti meal coupon untuk breakfast.
c.
Guest Relation :
yang bertugas untuk melayani tamu regular atau tamu yang mempunyai keterikatan
bisnis VIP guest seperti Kompas, Gramedia dan melayani pihak luar yang akan
mengadakan acara even yang akan diadakan didalam hotel.
d.
Operator : yang
bertugas menerima telepon dari luar maupun dalam hotel serta menyambungkan
telepon keluar maupun dalam hotel.
e. Bellboy : yang bertugas membatu mengantarkan barang bawaan tamu.
2.
Housekeeping Departemen
Departemen ini bertugas untuk memelihara kebersihan,
kerapihan, kenyamanan area hotel baik kamar tamu maupun area umum dihotel. Di
Hotel Santika Premiere Malang, Housekeeping Departement dibagi mernjadi
beberapa bagian yaitu Room Section dan Public Area.
3.
Laundry dan Linen Section
Bagian ini bertugas dan bertanggung jawab terhadap
pencucian baik pakaian tamu, seragam karyawan maupun linen – linen yang digunakan
untuk kelancaran operasional hotel. Dan bertanggung jawab terhadap pengadaan
dan penggantian linen.
4.
Food and Beverage Departement
departemen ini bertugas melayani pemesanan makanan dan
minuman bagi tamu hotel dikamar dan menyiapakan makanan dan minuman bagi tamu
yang datang ke restoran. Serta mengatur menata menu yang akan dibuat untuk
season musim tertentu untuk menu promo 2 bulanan. Departemen ini dibagi menjadi
2 bagian yaitu : 1) Food Beverage Service 2) Food Beverage Product
5.
Engineering Departement
Departemen ini bertanggung jawab atas perawatan seluruh
pelaratan dan perlengkapan hotel baik bersifat elektrik maupun non elektrik
serta melakukan pemeriksaan seluruh peralatan agar berfungsi secara normal.
6.
Accounting Departement
Departemen ini bertanggung jawab terhadap pembukuan
keuangan hotel, antara lain : 1). Membuat pembukuan keuangan hotel. 2).
Mengatur pengeluaran hotel. 3). Mengatur keuangan gaji karyawan. 4). Membuat
laporan keuangan hotel tiap bulan dan tahunan.
7.
Sales Marketing Departement
Departemen ini bertugas untuk memasarkan produk jasa yang
ada dihotel kemasyarakat luas dan mengambil kebijakan pemasaran serta strategi
untuk memperluas segmen pasar dan promosi agar hotel mengalami peningkatan
hunian dan revenue.
8.
Security Departement
Departemen ini memiliki tugas untuk : 1. Mengamankan
seluruh area hotel agar aman dan nyaman bagi tamu hotel maupun karyawan. 2.
Mengatur Parking Area di Basement. 3. Bekerjasama dengan bagian lain saat check
floor dan bila ada yang kurang tepat segera diinfokan kedepartemen yang
bersangkutan untuk segera ditindak lanjuti.
9.
Human Resources Departement
Departemen ini bertugas untuk : 1. Melakukan perekrutan
karyawan hotel. 2. Pengangkatan karyawan hotel. 3. Melakukan pergantian dan
pemindahan karyawan hotel. 4. Memberikan sanksi bagi karyawan yang melakukan
kesalahan atau melanggar aturan hotel. 5. Melakukan pemberhentian karyawan
hotel. 6. Melakukan seleksi trainee bagi Mahasiswa Perhotelan dan Siswa SMK
jurusan Perhotelan maupun Tata Boga.
D.
Fasilitas penunjang hotel santika mataram
Fasilitas yang ada di setiap kamar Hotel Santika Mataram
ini antara lain LCD TV, tea/coffee maker, safe deposit box, serta akses
internet melalui Wifi yang tersedia di kawasan hotel.
Fasilitas pendukung lainnya juga tidak kalah menarik,
contohnya Kafe Bayan, Lobby Lounge dan meeting room yang mempunyai kapasitas
200 orang.
Selain itu juga ada fitness center yang bisa dimanfaatkan
untuk menjaga kesegaran tubuh. Kolam renang untuk dewasa dan anak-anak juga
disediakan.
Perpaduan antara sentuhan lokal, konsep alami sekaligus desain yang modern menjadikan Hotel Santika Mataram sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai bersama teman atau keluarga.
E. Tampilan hotel Santika Mataram
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dengan adanya job orientasi ini mahasiswa dapat mengerti keadaan di lapangan dan paham terhadap semua department pada khususnya departemen Sales & Marketing. Mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan baik dari segi teori maupun praktek di lapangan yang khususnya di department Sales & Marketing dan mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana cara bekerjasama antar bagian department baik di dalam hotel maupun luar lembaga dan cara menjaga keharmonisan dalam melaksanankan suatu organisasi dan mengerti dimana posisi yang ditempatkan oleh lembaga atau perusahaan yang di jalan
B.
Saran
Adapun saran –
saran yang dapat di kemukakan untuk Hotel Santika Mataram yaitu sebagai berikut
:
1. Harus lebih ramah bila ada tamu atau mahasiswa yang
ingin berkunjung baikmelakukan job orientasi maupun untuk menginap.
2. Harus juga perlu melakukan pengukuran kesenjangan
kualitas pelayanan yangterjadi antara pelayanan yang di harapkan oleh tamu
dengan kenyataan yang diterima
3. Meningkatkan mutu pelayanan terhadap kamar- kamar tamu
Daftar Rujukan
https://www.lomboktourplus.com/hotel-santika-mataram/
https://www.traveloka.com/id-id/hotel/indonesia/hotel-santika-mataram---lombok-334616
SEMOGA BERMANFAAT....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar