Lembar Kerja
Perancangan Penerapan Model-Model Pada Pembelajaran PAI
Tujuan Kegiatan
|
:
|
Pada kegiatan ini diharapkan peserta mampu merancang pembelajaran Agama Islam dengan
menerapkan model Problem Based Learning
|
Langkah
Kegiatan :
1. Kerjakan secara
berpasangan, pelajari konsep
model-model pembelajaran pada hand-out dan
contoh-contoh penerapannya pada pembelajaran
2.
Cermati lembar kerja
perancangan model pembelajaran
3.
Pilihlah
satu subtopik/submateri/subtema untuk satu kali tatap muka yang sesuai salah
satu model.
Sub topik/materi
4.
Isilah
Lembar Kerja perancangan model pembelajaran
sesuai dengan model yang Anda pilih
5.
Perbaiki
rancangan jika ada saran atau usulan perbaikan
FORMAT PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN
Model
Pembelajaran Problem Based Learning
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.8 Menunaikan sholat berjemaah sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
|
Topik
|
:
|
Shalat berjamaah
|
SubTopik
|
:
|
Tata cara shalat
berjamaah
|
Tujuan
|
:
|
Setelah mendemontrasikan
ketentuan shalat berjamaah melalui tanyangan video, peserta didik diharapkan
dapat menunjukkan tata cara Shalat berjamaah dengan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
40 Menit
|
FASE-FASE
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Fase 1
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
1.
Guru menunjukkan kepada peserta didik sebuah video shalat
berjamaah.
2.
Peserta didik mengamati video yang ditunjukkan oleh guru.
3.
Peserta didik
diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap video yang
diberikan.
4.
Peserta didik diberikan kesempatan untuk menetapkan
permasalahan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan dengan video yang
diamati.
5.
Contoh pertanyaannya yaitu:
Bagamanakah tata cara shalat berjamaah?
|
Fase 2
Mengorganisasikan
peserta didik
|
1. Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan
pertanyaan/masalah yang akan dicari penyelesiaannya.
2. Peserta didik diberi tugas untuk menggali informasi dari buku PAI kelas VII tentang “materi shalat
berjamaah” secara berkelompok.
|
Fase 3
Membimbing Penyelidikan individu dan Kelompok
|
1. Peserta didik mengumpulkan informasi untuk membangun ide mereka
sendiri dalam memecahkan masalah tentang materi shalat berjamaah yang dihasilkan.
2. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan
masalah yang telah diidentifikasi.
3. Guru membagikan Lembar Kerja “Tata cara melaksanakan shalat berjamaah”.
4. Peserta didik melakukan penyelidikan melalui Lembar Kerja dengan
menugaskannya di luar pembelajaran.
5. Guru membimbing penyelidikan yang dilakukan peserta didik.
|
Fase 4
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
1.
Peserta didik mencatat
data hasil penyelidikan kelompok dalam Lembar Kerja.
2.
Peserta didik mengolah data yang diperoleh dari
kelompoknya.
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan pada Lembar Kerja.
4.
Peserta didik menyajikan hasil pengolahan data dalam
bentuk
|
Fase 5
Menganalisa
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
1. Peserta didik dan guru mengevaluasi hasil penyelidikan melalui diskusi
kelas.
2. Peserta didik dibimbing guru menganalisis hasil pemecahan masalah
tentang materi
shalat berjamaah. Peserta diharapkan menggunakan
buku sumber untuk membantu mengevaluasi hasil diskusi.
3. Selanjutnya peserta didik diminta mempresentasikan hasil penyelidikan
dan diskusi di depan kelas; dilanjutkan dengan penyamaan persepsi.
4. Kelompok peserta didik yang berhasil memecahkan permasalahan diberi
pengahargaan.
5. Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah
dipelajari peserta didik (dapat menggunakan
paper and pencil test atau authentic assessment).
|
Lombok
Tengah, 12
Juni 2020
Dibuat oleh
Mansur,
S.Pd.I, M.Pd
NIP. 198306252009011002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar