Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMPN 1 Praya Timur
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Genap
Materi Pokok :
Hijrah ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (3 x 40 menit)
A. KOMPETENSI
INTI
KI.1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI.2
|
Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
KI.3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait
penomena dan kejadian yang tampak
mata).
|
KI.4
|
Mencoba, mengolah, dan
menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori).
|
B. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR :
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
2.9
|
Meneladani
perilaku perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah
|
1.
Siswa
dapat menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Madinah.
2.
Siswa dapat mendemontrasikan
contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
|
2
|
3.13
|
Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW Periode Madinah dan
Madinah.
|
1.
menerangkan sejarah perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
|
3
|
4.13
|
Menyajikan strategi perjuangan
yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
|
1. menunjukkan strategi perjuangan yang
dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
2. menjelaskan strategi
perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
|
|
|
|
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Melalui
metode inquiry learning siswa dapat :
1.
menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Madinah dengan baik dan benar
2. mendemontrasikan contoh perilaku meneladani
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dengan baik dan benar.
3. menerangkan sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Madinah dengan baik dan lancar.
4. menunjukkan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi
Muhammad saw. periode Madinah dengan benar.
5.
menjelaskan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode
Madinah dengan lancar.
D. MATERI PEMBELAJARAN:
1. Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
2. Sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Madinah.
3. Strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad
saw. periode Madinah.
E. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan
Scientific.
2.
Ceramah.
3.
Metode diskusi, drill, dan demontrasi
F. SUMBER BELAJAR
1. Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti
kelas VII Kemdikbud (penerbitnya, halamannya,karangan, tahun terbit)
2. Gambar/ video/ multimedia interaktif
3. Internet
4. Peta Madinah
G.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video
Pembelajaran
b.
CD
Pembelajaran Interaktif
2.
Alat
a. Komputer
b. LCD Projector
H. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan ( 10
menit )
1. Guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama.
2. Guru memeriksa kehadiran, kerapian
berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3. Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan
yang ringan, seperti cerita motivasi.
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan
mengaitkan materi sejarah perjuang Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
6. Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca)
atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7. Metode yang
digunakan adalah (1) ceramah (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar
atau tayangan visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the
educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang
benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi
1.
Kegiatan
inti ( 100 menit)
Mengamati
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi
Muhammad Saw. periode Madinah.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
Menanya
·
Dengan
dimotivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan bagaimana sikap masyarakat Madinah dalam menyambut datangnya Nabi
Muhammad Saw.?
·
Mengajukan
pertanyaan terkait kronologi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah atau
pertanyaan lain yang relevan.
Eksperimen/explore
·
Mendiskusikan
sejarah sebab-sebab Nabi Muhammad Saw.
hijrah berdasarkan data dari berbagai sumber.
·
Mendiskusikan peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah.
berdasarkan data dari berbagai
sumber.
·
Mendiskusikan
dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah.
Asosiasi
·
Melakukan
analisis kronologi sejarah sebab-sebab
Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·
Melakukan
analisis kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram
alur.
·
Melakukan
analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram
alur.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan kronologi sejarah
sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah
dalam bentuk membuat diagram alur.
·
Menyajikan
paparan kronologi peristiwa Nabi
Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·
Menyajikan
paparan analisis dakwah Nabi Muhammad
Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram alur.
·
Menanggapi
pertanyaan.
·
Menyusun
kesimpulan.
2.
Penutup (10 Menit)
a. Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b. Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c. Guru
memberikan reward kepada kelompok “terbaik”,
d. Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan
menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e. Bersama-sama menutup pelajaran dengan
berdoa.
I.
PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik
dalam:
1.
Pengamatan pada saat
pelaksanaan diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks.
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai .... (
disesuaikan dengan nilai KKM )
TT : Tidak Tuntas jika nilai yang
diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian:
a. Kejelasan dan kedalaman informasi
1) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan
dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan
dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
3)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi
kurang lengkap, skor 10.
b. Keaktifan dalam diskusi
1) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam
diskusi, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam
diskusi, skor 20.
3)
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
c. Kejelasan dan kerapian presentasi
1) Jika
kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
2) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
dengan jelas dan rapi maka skor 30.
3) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
4)
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak
rapi, skor 10.
2. Kolom “Ayo Berlatih"
a.
Pengisian centang
Skor =
Ya : 5
Tidak : 0
Nilai = jumlah
nilai skor yang diperoleh
b.
Kolom menyebutkan contoh peristiwa yang dialami Nabi Muhammad saw. di Madinah
beserta alasannya.
Skor nilai:
1) Apabila peserta didik bisa menyebutkan 1 contoh
peristiwa lengkap dengan alasannya maka skor 10.
2)
Apabila peserta peserta didik bisa menyebutkan 1 contoh peserta tanpa ada
alasan maka skor 5.
Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Nilai
= jumlah nilai skor yang diperoleh
Jumlah nilai = nilai pengisian centang + kolom contoh
peristiwa.
c.
Kolom pilihan ganda dan uraian.
Skor penilaian sebagai berikut:
1) Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1 (maksimal
10 x1 = 10)
2)
Uraian:
Rubrik Penilaian:
No. Soal
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tentang tanggapan orang kafir Quraisy atas
hijrah nabi dengan lengkap dan sempurna, skor 6.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tentang tanggapan orang kafir Quraisy atas
hijrah nabi kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
2
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tentang siasat kafir Quraisy menghadapi
rencana hijrah nabi lengkap dan sempurna, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tentang siasat kafir Quraisy menghadapi
rencana hijrah nabi kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
3
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tempat bersembunyi nabi pada saat hijrah ke
Madinah beserta alasannya lengkap dan sempurna, skor 6.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tempat bersembunyi nabi pada saat hijrah ke
Madinah beserta alasannya kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
4
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan dua alasan nabi melakukan Hijrah, skor 8.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan satu alasan nabi melakukan hijrah, skor 4.
|
8
|
5
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan dua hal yang dilakukan Nabi Muhammad saw. di
Madina, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan satu hal yang dilakukan Nabi Muhammad saw. di
Madinah, skor 5.
|
10
|
6
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan fungsi masjid pada zaman nabi dengan benar dan
tepat, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan fungsi masjid pada zaman nabi dengan benar dan
kurang tepat, skor 5.
|
10
|
7
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan sebab nabi mempersatukan kaum muhajirin dan
kaum Ansar dengan benar dan lengkap, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan sebab nabi mempersatukan kaum muhajirin dan
kaum Ansar dengan kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
8
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan isi perjanjian Hudaibiyah dengan benar, skor
10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan isi perjanjian Hudaibiyah kurang lengkap, skor
5.
|
10
|
9
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum
Muhajirin dengan benar dan lengkap, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum
Muhajirin kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
10
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tanggapan soal dakwah nabi di Madinah dengan
benar dan lengkap, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tanggapan soal dakwah nabi di Madinah kurang
lengkap, skor 5.
|
10
|
|
Jumlah Skor
|
90
|
Nilai
: Jumlah skor yang diperoleh (pilihan ganda dan Isian) x 100
100
d.
Tugas
Skor
penilaian sebagai berikut.
1) Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya
benar, nilai 100.
2) Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar,
nilai 90.
3)
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan
dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.
Nilai
akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah sebagai berikut. 1. Rata-rata
dari jumlah nilai pada kolom 1 (pengisian centang dan menyebutkan contoh
peristiwa dan alasan) + jumlah nilai pada kolom diskusi x 60 % 2. Jumlah nilai
rata- rata pada kolom “Ayo berlatih” pilihan ganda/uraian dan tugas x 40 %
Nilai akhir = nilai a + nilai b
Kunci jawaban.
I.
Penerapan
(Kebijakan guru).
II. Pilihan ganda :
1.
A
2.
A
3.
B
4.
D
5.
B
6.
B
7.
A
8.
A
9. D
III. Uraian.
1.
Menentang
dakwah nabi.
2.
Hijrah ke Madinah.
3.
Gua Tsur. Dikejar oleh kaum Quraisy.
4.
Perintah Allah, serangan kaum kafir semakin
meningkat, ada harapan baru untuk mengembangkan Islam di Madinah.
5.
Membangun masjid, mempersaudarakan antara kaum
Muhajirin dan kaum Ansar, membuat perjanjian dengan penduduk Madinah.
6.
Sebagai tempat mempersatukan umat, bermusyawarah
tentang perkembangan Islam, tempat mengkaji ilmu agama, bahkan sebagai pusat
pemerintahan setelah Rasulullah dipilih sebagai pemimpin di Madinah.
7.
Setiap orang Ansar mengakui orang Muhajirin sebagai
saudaranya sendiri, ia mempersilakan saudaranya tinggal di rumah dan
memanfaatkan segala fasilitas yang ada di rumah.
8.
Isi perjanjian Hudaibiyah:
a. Rasulullah harus pulang tahun ini dan tidak boleh
memasuki Mekah kecuali tahun depan dengan orang-orang muslim.
b. Genjatan senjata diantara kedua belah pihak selama
sepuluh tahun.
c. Barang siapa yang ingin bergabung dengan pihak
Muhammad dan perjanjiannya, dia boleh melakukan, dan barang siapa yang
bergabung dengan pihak Quraisy dan perjanjiannya, dia boleh melakukannya.
d.
Siapa pun orang Quraisy yang mendatangi Muhammad tanpa izin walinya, harus
dikembalikan ke pihak Quraisy, dan siapa pun dari pihak Muhammad yang
mendatangi Quraisy, dia tidak boleh dikembalikan padanya.
d.
Diterima dengan senang hati.
e.
Kebijakan guru.
Mengetahui, Mujur, 30
Juli 2019 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H. Muhamad Syapii. Mansur,
S.Pd.I, M.Pd
NIP. 196712311993031125 NIP. 198306252009011002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar