Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Sabtu, 18 Mei 2019

Sendi Utama Berpolitik Menurut Imam Mawardi


Menurut Imam Mawardi sendi utama dari segi politik negara:

1. Agama yang dihayati. 

Agama diperlukan sebagai pengendali hawa nafsu dan pengawas melekat atas hati nurani manusia, karenanya merupakan sendi yang terkuat bagi kesejahteraan dan ketenangan negara.

2. Penguasa yang berwibawa. 

Dengan wibawanya dia dapat mempersatukan aspirasi-aspirasi yang berbeda, dan membina negara untuk mencapai sasaran-sasarannya yang luhur, menjaga agar agama dihayati, melindungi jiwa, kekayaan dan kehormatan warga negara, serta menjamin mata pencaharian mereka. Penguasa itu adalah imam atau Khalifah.

3. Keadilan yang menyeluruh. 

Dengan menyeluruhnya keadilan akan tercipta keakraban antara sesama warga negara, menimbulkan rasa hormat dan ketaatan kepada pemimpin, menyemarakkan kehidupan rakyat dan membangun minat rakyat untuk berkatya dan berprestasi. Dengan demikian jumlah penduduk akan berkembang, dan kedudukan penguasa tetap kokoh.

4. Keamanan yang merata. 

Dengan keamanan yang merata, rakyat dapat menikmati ketenangan batin,dan dengan tidak adanya rasa takut akan berkembang Inisiatif dan kegiatan serta daya kreasi rakyat. Meratanya keamanan adalah akibat dari menyeluruhnya keadilan.

5. Kesuburan tanah yang berkesinambungan.

Hal ini dapat membuat kebutuhan rakyat akan bahan makanan dan kebutuhan materi yang lain dapat terpenuhi dan dengan demikian dapat dihindarkan perebutan dengan segala akibat buruknya.

Sumber : Facebook Lukman Yatofa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar