SEKILAS TENTANG
MAGISTER-KU MANAGEMENT PENDIDIKAN ISLAM
Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam (S2) yang dikembangkan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang saat ini pada
awalnya merupakan salah satu konsentrasi dari Program Studi Ilmu Agama Islam, berdasarkan
Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 84 Tahun 1999, tentang
Penyelenggaraan Program Studi Pascasarjana (S2) pada Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri Malang. Dalam Perkembangan selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan
Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor DJ.II/55/2005, konsentrasi
Manajemen Pendididikan Islam pada Program Studi Ilmu Agama Islam tersebut
dikembangkan menjadi satu program studi tersendiri dengan gelar M.Pd.I Dan
sampai saat ini telah meluluskan dua belas angkatan dengan tepat waktu dan
rata-rata alumninya sudah bekerja atau diterima diberbagai lembaga kajian,
penelitian, konsultan dan satuan pendidikan di seluruh NKRI.
Kehadiran Program Magister Manajemen
Pendidikan Islam (S2) didorong semangat untuk merespon perkembangan Iptek dan
tuntutan kebutuhan masayarakat global yang mempersyaratkan pentingnya manajemen
profesional dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Kehadiran program ini
juga untuk mengatasi salah satu masalah mendasar yang dihadapi oleh lembaga pendidikan
Islam yaitu lemahnya sistem manajemen pendidikan Islam. Banyak lembaga-lembaga
pendidikan yang berkembang di dunia Islam dan khususnya di Indonesia, belum
terurus dengan baik dan bahkan tertinggal jauh dibanding dengan lembaga-lembaga
pendidikan lainya dikarenakan lemahnya sistem manajemen dan pengelolaan
sumberdaya mansuia maupun sumberdaya lainya yang kurang profesional dalam
pengelolaan pendidikan Islam .
Karena itu program ini sangat
strategis dan dibutuhkan dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia dan
pengembangan kelembagaan pendidikan Islam yang profesional, responsif, serta
mampu berkompetisi dan berkolabaorasi dalam masyarakat global. Dalam
rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, organisasi pebembelajar
(learning organization), serta proses integrasi antara ilmu agama dengan ilmu
lain dalam peningkatan kualitas manajemen pendidikan Islam dan kualitas sumber
daya manusia Indonesia di lingkungan Perguruan tinggi Agama Islam (PTAI) maupun
Perguruan Tinggi Umum (PTU), di lingkungan Departemen Agama maupun Departemen
pendidikan nasional, serta departemen atau instansi-instansi lain yang konsen
terhadap mutu pendidikan dan peningkatan kualitas mutu sumberdaya manusia, maka
Universitas Islam Negeri Malang yang sekarang memiliki nama Universitas
Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang telah membuka program pascasarjana
magister (S2) Manajemen Pendidikan Islam dan memberi kesempatan belajar kepada
masyarakat untuk mengikuti jenjang pendidikan pascasarjana (S2) Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam. Kurikulum yang dilaksanakan merupakan
perpaduan antara kurikulum pendidikan Islam dan manjemen pendidikan modern yang
mengantarkan peserta mencapai kompetensinya sebagai peneliti, pengembang,
konsultan, dan manajer profesional di bidang manejemen pendidikan Islam. Proses
sosialisasi nilai-nilai keagamaan tercakup pula dalam proses belajar
mengajar. Untuk menunjang pelaksanaan program magister studi MPI ini,
maka berikut ini dijelaskan visi, misi, tujuan, standar kompetensi dan
kewenangan lulusan, kurikulum serta deskripsi mata kuliah.
VISI
Menjadi program studi unggulan dalam mewujudkan pemimpin dan manajer masa
depan yang memiliki integritas keislaman dan keilmuan yang kokoh dalam bidang
manajemen pendidikan Islam dengan kompetensi sebagai peneliti, pengembang,
konsultan manajemen pendidikan Islam dan manajer professional yang berdaya
saing dalam masyarakat global.
MISI
1.
Membina calon ilmuwan untuk memiliki
kekokohan aqidah dan kedalaman
spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan professional
2.
Mendidik calon ilmuwan yang memiliki
integritas kepribadian, keislaman, dan berprilaku ilmuwan yang
profesional
3. Mendidik calon ilmuwan yang
memiliki kemampuan meneliti secara profesional dalam bidang manajemen
pendidikan Islam
4. Mendidik calon ilmuwan yang
berkemampuan managerial dan kepemimpinan dalam berbagai posisi dalam sektor
pendidikan maupun non pendidikan
5. Mendidik calon ilmuwan untuk
mengetahui secara menyeluruh tentang perencanaan, pengorganisasian, pembiayaan,
pengawasan, analisa kebijakan dan pengambilan keputusasan untuk seluruh program
dan aktivitas pendidikan
6.
Menciptakan atmosfir akademik untuk
menghasilkan peneliti, pengembang, konsultan, dan manejer
profesional yang memilki daya saing dalam masyarakat global.
7. Menyelenggarakan pendidikan dan
pengajaran yang berbasis belajar dan penelitian (magister by learning &
research)
8. Menyelenggarakan pendidikan dan
pembelajaran unggul dalam teori dan praktik manejemen pendidikan Islam sesuai
dengan tuntutan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan masyarakat.
9.
Menerapkan sistem pelayanan manajemen
mutu dan berbasis ICT.
10. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan lembaga lain baik di
dalam maupun luar negeri, dan masyarakat pengguna lulusan program studi
manajemen pendidikan Islam.
TUJUAN
Program Magister Manajemen Pendidikan Islam dalam penyelenggaraannya
bertujuan untuk:
1.
Melahirkan sarjana setingkat magister
yang memiliki integritas kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keunggulan
akhlak, keluasan ilmu dan kematanagn professional di bidang manjemen
pendidikan Islam
2.
Melahirkan Magister manajemen
pendidikan Islam yang memiliki kemampuan untuk menjadi tenaga
pendidik/kependidikan dan manejer profesional yang mampu mengembangkan,
dan menerapkan pada tingkat satuan pendidikan (semua jenis, jalur, dan
jenjang), khususnya pada jenjang S-1, pada satuan pengelolaan pendidikan
di masyarakat, pemerintah daerah/pusat, maupun instansi lainya.
3.
Melahirkan magister manajemen
pendidikan Islam yang memiliki kapasitas sebagai peneliti, pengembang, dan atau
konsultan dalam bidang manejemen pendidikan Islam pada berbagai posisi
dalam sektor pendidikan maupun non pendidikan
4.
Melahirkan Magister manajemen
pendidikan Islam yang memiliki wawasan keilmuan yang luas dan mampu melanjutkan
studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu program doktor (S-3).
STANDAR KOMPETENSI DAN
KEWENANGAN LULUSAN
Standar
kompetensi lulusan Program Magister Manajemen Pendidikan Islam
adalah sebagai berikut.
1.
Ilmuwan manajemen pendidikan Islam
yang meiliki integritas kislaman, keilmuan dan kepribadian sebagai pemimpin
masa depan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu
dan kematangan profesional
2.
Tenaga pendidik dan kependidikan yang
memilki kapasitas profesional dalam memanajemen pendidikan Islam yang bermutu
dan berdaya saing dalam masyarakat global
3.
Peneliti manajemen pendidikan Islam
yang profesional
4.
Ilmuwan yang memiliki kemampuan dan
keterampilan kepemimpinan manajerial, perencana, pengorganisasi, dan penilai
dalam berbagai program pendidikan
5.
Pengembang manajemen mutu pembelajaran
dalam peningkatan mutu pendidikan
6.
6. Konsultan
manajemen pendidikan Islam pada berbagai posisi dalam sektor
pendidikan maupun non pendidikan
DAN GAMBAR BERIKUT RENCANA GEDUNG 3
UIN MALANG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar