CONTOH:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) /
Ganjil
Materi Pokok : Cinta
Ilmu Pengetahuan
Alokasi Waktu :
3 pertemuan (9 x 40 menit)
A.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.1 Menghayati
Al-Qur’an sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman
|
|
2
|
4.3.1 Membaca surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengan tartil
|
1.
Menjelaskan hukum
bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
2. Mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
|
4.3.2 Menunjukkan hafalan
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan
lancar.
|
1. Melafalkan hapalan ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
dengan lancar.
|
|
3
|
3.3 Memahami isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
serta hadis yang terkait tentang menuntut ilmu
|
1.
Menyebutkan arti
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta
hadis tentang menuntut ilmu.
2.
Menjelaskan makna isi kandungan
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadallah/58:11 serta
hadis tentang menuntut ilmu.
|
4
|
2.7
Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi dari surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
serta hadis terkait
|
1. Menampilkan contoh perilaku semangat
menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.
|
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.
Diberikan kesempatan
untuk mengkaji tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat menjelaskan hukum
bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
dengan benar.
2.
Diberikan
kesempatan untuk berdiskusi tentang
hukum bacaan mad, peserta didik dapat
mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar
3.
Diberikan kesempatan
berlatih membaca, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
Pertemuan Kedua:
1.
Diberikan kesempatan
berlatih menghafal surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11,
peserta didik hafal surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
dengan lancar.
2.
Diberikan kesempatan
berlatih dengan temannya, peserta didik dapat menyebutkan arti surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang
menuntut ilmu dengan benar.
Pertemuan Ketiga:
1.
Diberikan kesempatan
berdiskusi dengan temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat menjelaskan
makna isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadallah/58:11
serta hadis tentang menuntut ilmu dengan benar.
2.
Diberikan kesempatan
mencermati tayangan film, peserta didik dapat menampilkan contoh perilaku
semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait dengan baik
C.
MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.
Hukum Bacaan Mad
a.
Pengertian Hukum Bacaan Mad
b.
Macam-Macam Hukum Bacaan Mad
2.
Identifikasi Hukum Bacaan Mad
dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
3.
Bacaan Al Quran surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan Kedua:
1.
Hafalan Al Quran surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
2.
Arti surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan Ketiga:
1.
Makna surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11
2.
Makna Hadits tentang menuntut
ilmu.
3.
Contoh perilaku semangat menuntut
ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11,
serta hadis terkait.
D.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.
Metode diskusi, drill, dan
demontrasi
E.
SUMBER BELAJAR
1.
Kitab
al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Buku
teks siswa PAI SMP Kelas VII
3.
Buku lain yang memadai.
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b.
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
2.
Alat
a.
Komputer
b.
LCD Projector
c.
Kartu berpasangan (matching card)
lafadz dan artinya.
d.
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
PERTAMA
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi
pelajaran.
e.
Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta
didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan inti (
100 menit)
a.
Mengamati
·
Membaca bersama QS Al Mujadilah 11 dan Ali Imron 33
·
mengamati
LCD Tentang QS Al Mujadilah 11 da Ali Imron 33
dari Imam Masjidil Harom tentang bacaan dan tulisan, sambil mengevaluasi
bacaanya
·
Mencatat
hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari kekurangan bacaanya di bandingkan tayangan LCD
b.
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang
hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Explore
·
Peserta
didik membaca mengulang bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar
Rohman 33 secara bersama
kemudian membaca bersama di kelompok kelompok
·
Praktek membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan
memberi penilaian, secara bergili
d.
Asosiasi
·
Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
·
Memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar
untuk dijadikan model
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan
pengamat
e.
Komunikasi.
·
Mempresentasikan Bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar Rahman 33 di depan kelas
·
Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi Praktek
kelompok
·
Sekretaris menginvenaris hasil penilaian
masing –masing kelompok
·
Selama pembelajaran berlangsung
guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik
observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil
presentasinya terbagus
3.
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan
mad.
-
Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
PERTEMUAN
KEDUA:
1.
Pendahuluan ( 10
menit )
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.
Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi
pelajaran.
e.
Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan
peserta didik untuk duduk secara berpasangan (dalam jenis kelamin yang sama).
2.
Kegiatan inti ( 100
menit)
a.
Mengamati
·
Menyimak tayangan bacaan surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
·
Secara bergantian peserta didik
menghafal dan menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11.
b.
Menanya
·
Dibawah bimbingan guru, peserta didik mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al-
Mujadalah (58): 11 dan hadist terkait tentang
menuntut ilmu secara per kata dan keseluruhan.
c.
Eksplore dan asosiasi
Game “Maching Card”,
dengan cara:
-
Dengan
bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
-
Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al-
Mujadalah (58):11, atau hadits
tentang ilmu pengetahuan dan
artidari potongan ayat atau hadits tersebut.
-
(Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al-
Mujadalah (58): 11dan artinya yang tersebar di antara mereka
-
(Game Kedua) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta berkelompok sesuai ayat atau
hadits masing-masing, dan membentuk satu ayat secara berurutan.
-
(Game Ketiga) Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits secara
berurutan sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh.
-
Dan
seterusnya.
d.
komunikasi
·
Secara berpasangan peserta didik
mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al-
Mujadalah (58):11, atau hadits
tentang ilmu pengetahuan.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” yang hafal
ayat dan mampu mengartikan ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33,
atauQ.S.Al- Mujadalah (58):11,
atau hadits tentang ilmu pengetahuan.
4.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
PERTEMUAN
KETIGA:
1.
Pendahuluan ( 10
menit )
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk peserta didik.
d.
Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi
pelajaran.
e.
Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan
peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
2.
Kegiatan inti ( 100
menit)
a.
Mengamati
·
Peserta didik menelaah berbagai
sumber belajar , sebagai dasar memahami makna ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al-
Mujadalah (58):11, dan hadits
tentang ilmu pengetahuan.
·
Peserta didik memperhatikan
tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
b.
Menanya
·
Peserta didik dengan dibantu
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tayangan film yang berkaitan
dengan ilmu pengetahuan
c.
eksplore
·
Secara berkelompok peserta didik
berdiskusi dengan tema-tema yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan
film, misalnya:
1)
Akhlaq orang yang berilmu
pengetahuan.
2)
Manfaat dan hikmah mempunyai ilmu
pengetahuan.
3)
Syarat-syarat agar memperoleh ilmu
yang bermanfaat.
4)
Nilai-nilai positif yang terdapat
pada ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al-
Mujadalah (58):11, dan hadits
tentang ilmu pengetahuan .
5)
Contoh perilaku seseorang yang
gigih menuntut ilmu.
d.
Asosiasi
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan
pengamat
e.
Mengkomunikasikan
·
Setiap kelompok secara bergiliran
mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
4.
Guru
menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
H. PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
a. Teknik
Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Meyakini
bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah
swt.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa umat Islam wajib mempunyai ilmu pengetahuan.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa setiap ilmu harus diamalkan
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang
yang berilmu
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2.
Sikap
sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
Terlampir
|
|
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika
dimintai tolong temannya tentang pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku
pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia
miliki.
|
Terlampir
|
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar
kepandaian.
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
tes lisan
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Artikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11
|
Artikan Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11 dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan salah satu hadits yang berkaitan
dengan ilmu pengetahuan
|
Artikan salah satu hadits yang berkaitan dengan
ilmu pengetahuan!
|
Instrumen:
Terlampir
4.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat membaca Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan tartil!
|
|
Dapat membaca Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11
|
Bacalah Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11 dengan tartil !
|
Instrumen:
Terlampir
Mujur,
26 Juni 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
H U S N I, S. P d MANSUR, S.Pd.I NIP.
19701231 199512 1 021 NIP.
19830625 200901 1 002
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 :
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
VII
/ Ganjil
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar penilaian diri
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah Skor
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Siswa yang bersangkutan
(………………………)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lampiran 2 :
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
VII / Ganjil
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
Petunjuk:
a. Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok
lain
c. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
|
No
|
Pernyataan
|
Pilihan
Jawaban
|
Skor
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang kadang
|
Tidak pernah
|
|||
1
|
Suka
mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
|
|
|
|
|
2
|
Segera
memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang
pelajaran.
|
|
|
|
|
|
3
|
Tidak
pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran
|
|
|
|
|
|
4
|
Tidak
menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki
|
|
|
|
|
|
5
|
Tidak
membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Sangat
setuju = skor4
Setuju
= skor 3
Ragu
ragu = skor 2
Tidak
setuju= skor 1
|
Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
|
|
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Ketua kelompok
(………………………)
Lampiran 3 :
Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Memahamiisikandungan surahar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis yang
terkaittentangmenuntutilmu.
|
||||||
Indikator
|
:
|
Menyebutkan
arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta
hadis tentang menuntut ilmu.
|
||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||
1.
|
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan
QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini
!
|
||||||
2.
|
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan
QS. Ar-Rahman (55): 33 berikutini!
|
||||||
3.
|
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
Artikan
Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !
|
||||||
|
|
|
||||||
No
|
Jawaban
|
|||||||
1.
|
Allah akan
meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi
ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang
kamukerjakan.
|
|||||||
2.
|
Wahai jama'ah
jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan
bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.
|
|||||||
3.
|
Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu,
dan barang siapa
yang menghendaki
akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa
yang menghendaki
keduanya raih pula dengan ilmu
|
|||||||
No
|
Nama
surat
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Sangat
lancar
|
Lancar
|
Kurang
lancar
|
Tidak
Lancar
|
|||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|
|
|
|
|
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|
|
|
|
|
3
|
Salah Satu Hadits tentang Ilmu
Pengetahuan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Sangat
setuju = skor4
Setuju
= skor 3
Ragu
ragu = skor 2
Tidak
setuju= skor 1
|
Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
|
|
Lampiran 4 :
Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
NamaPesertadidik
|
:
|
|
||||||
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca surahar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil
|
||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||
1.
|
Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan
QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini
!
|
||||||
2.
|
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan
QS. Ar-Rahman (55): 33 berikutini!
|
||||||
RUBRIK PENILAIAN
No
|
Nama
surat
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Fasih
|
Tartil
|
Kurang tartil
|
Tidak
tartil
|
|||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|
|
|
|
|
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Sangat
setuju = skor4
Setuju
= skor 3
Ragu
ragu = skor 2
Tidak
setuju= skor 1
|
Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
|
|
CATATAN
GURU :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mujur, Agustus 2014
Guru bdang
study,
Mansur, S.Pd.I
NIP. 19830625 200901 1 002
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Hidup
Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf
Alokasi Waktu :
3 pertemuan (9 x 40 menit)
A. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.1 Menghayati Al-Qur'an
sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman
|
|
2
|
2.4 Menghargai perilaku ikhlas, sabar dan pemaaf sebagai
implementasi surah an- Nisa 4:146, surah al-Baqarah 2:153, dan surah ali-Imran3:134, serta hadis terkait
|
1. Menjelaskan pengertian ikhlas,sabar,dan pemaaf sebagai implementasi dari surah Q.S. An-Nisa (4) :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis terkait
2. Menampilkan contoh perilaku ikhlas,sabar,dan pemaaf sebagai implementasi dari surah Q.S. An-Nisa (4) :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis terkait
|
3
|
3.5 Memahami isi kandungan surah an-Nisa 4:146,
surah al-Baqarah 2:153, dan surah ali-Imran 3:134, serta hadis yang terkait tentang ikhlas,
sabar, dan pemaaf
|
3.
Menyebutkan arti Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang
ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf.
2. Menjelaskan makna isi kandungan Q.S.
An-Nisa (4) :146 tentang
ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf
|
4
|
4.5.1 Membaca surah an-Nisa 4:146, surah al-Baqarah 2: 153, dan surah ali-Imran3: 134 dengan tartil
|
1.
Menyebutkan arti Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang
ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf.
2.
Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang
ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf.
|
4.5.2 Menunjukkan hafalan an-Nisa 4:146, surah al- Baqarah 2:153, dan surah Ali Imran3:134 dengan lancar
|
Melafalkan hapalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3):.
|
B. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
10. Peserta didik dapat
menjelaskan hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam surah an-Nisa 4:153, surah al-Baqarah 2:153, dan surah
Ali-Imran 3:134
dan hadis yang terkait dengan benar.
11. Peserta didik dapat mengidentifikasi hukum
bacaan nun sukun dan tanwin
dalam surah an-Nisa 4:153,
surah al-Baqarah 2:153,
dan surah Ali-Imran 3:134
dengan benar.
12. Peserta didik dapat
mendemontrasikan bacaan surah an-Nisa 4:153, surah al-Baqarah 2:153, dan surah Ali-Imran 3:134
serta hadis yang terkait dengan
benar.
Pertemuan
Kedua:
3.
Peserta didik terlatih
menghafal surah an-Nisa 4:153, surah al-Baqarah 2:153, dan surah Ali-Imran 3:134
dan hadis yang terkait dengan
lancar.
4.
Peserta
didik dapat menyebutkan arti surah
an-Nisa 4:153,
surah al-Baqarah 2:153, dan surah Ali-Imran 3:134 dan hadis yang terkait dengan
benar.
Pertemuan
Ketiga:
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan makna isi kandungan surah an-Nisa 4:153, surah al-Baqarah 2:153, dan surah Ali-Imran 3:134
dan Hadis yang terkait dengan cara
berkelompok.
4.
Peserta
didik dapat menampilkan contoh perilaku ikhlas,
sabar, dan pema’af sebagai implementasi surah an-Nisa 4:153, surah al-Baqarah 2:153, dan surah Ali-Imran 3:134
dan hadis yang terkait.
C.
MATERI
PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
a.
Ilmu
tajwid mengenai Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin
b.
Identifikasi Hukum Bacaan Nun
Sukun dan Tanwin dalam surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134
c.
Bacaan Al Quran surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134
Pertemuan
Kedua:
1.
Hafalan Al Quran surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134
2.
Arti surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134
Pertemuan
Ketiga:
1.
Makna surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134
2.
Contoh perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf
sebagai implementasi surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134, serta hadis
terkait.
D.
METODE
PEMBELAJARAN:
7.
Pendekatan Scientific
8.
Metode ceramah, diskusi, drill,
dan demontrasi
E.
SUMBER
BELAJAR
6.
Kitab
al-Qur’anul Karim dan terjemahnya
7.
Buku pegangan
guru dan siswa
8.
Buku lain yang memadai.
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
AA. Media
1.
Video Pembelajaran
2.
CD Pembelajaran
BB. Alat
i.
Laptop
ii.
LCD Projector
iii.
Kartu berpasangan (matching card)
lafadz dan artinya.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
PERTAMA
1.
|
Pendahuluan ( 10 menit)
m.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat;
n.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
o.
Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pelajaran.
p.
Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
q.
Guru membagi peserta
didik dalam beberapa kelompok.
|
2.
|
Kegiatan inti (100 menit)
i.
Mengamati
Ø Membaca bersama QS Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dan hadits
tentang ikhlas, pemaaf dan sabar.
Ø Mengamati LCD tentang
QS Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits
tentang ikhlas, pemaaf dan sabar dari CD/Media Interaktif
tentang bacaan dan tulisan,
sambil mengevaluasi bacaanya
Ø Mencatat hasil pengamatan terhadap
hal-hal penting dari kekurangan bacaanya
dibandingkan tayangan LCD
j.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok
dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
k.
Explore
v Peserta didik membaca mengulang bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits
tentang ikhlas, pemaaf dan sabar secara bersama
v Secara berkelompok Peserta didik membaca mengulang bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits
tentang ikhlas, pemaaf dan sabar
v Praktek membaca
satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian, secara
bergilir
l.
Asosiasi
ü Anggota yang lain
mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
ü Memilih diantara
anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
ü Memilih diantara
temannya untuk menjadi presenter,
sekretaris dan pengamat
g.
Komunikasi.
Ø Mempresentasikan
Bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf di depan kelas
Ø Masing-masing kelompok berdiskusi
untuk mengidentifikasi hukum nun mati dan tanwin dari Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits
tentang ikhlas, sabar dan pemaaf
Ø Kelompok lain
mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi
Ø Sekretaris menginventaris hasil
penilaian masing–masing kelompok
Ø Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik
observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
Ø Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
|
3.
|
Penutup ( 10 menit)
k.
Dalam bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
l.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
m.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
n.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
o.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
|
PERTEMUAN
KEDUA
1.
|
Pendahuluan ( 10 menit)
m.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
n.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk pesrta didik.
o.
Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pelajaran.
p.
Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
|
|
2.
|
Kegiatan inti (100 menit)
e.
Mengamati
·
Menyimak tayangan bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 yang di tayangkan
·
Secara bergantian peserta didik
menghafal dan menyimak hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134
f.
Menanya
·
Peserta didik mengartikan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadist terkait tentang
ikhlas, sabar dan pemaaf secara per kata dan keseluruhan.
g.
Eksplore dan asosiasi
1.
Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, atau hadits
tentang ikhlas, sabar dan pemaaf
dan arti dari potongan ayat atau hadits tersebut.
2.
(Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas yang berisi potongan-potongan ayat tentang ikhlas, sabar dan pemaaf dan artinya yang tersebar di antara
mereka
3.
(Game Kedua) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta
berpasang-pasangan sesuai ayat atau hadits masing-masing, dan membentuk satu
ayat dan arti secara tepat.
4.
(Game Ketiga) Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits
dengan artinya sehingga terbaca potongan ayat / hadits yang utuh.
5.
Dan seterusnya.
h.
komunikasi
·
Secara berpasangan peserta didik
mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, atau hadits
tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.
|
|
3.
|
Penutup (10 menit)
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” yang
hafal ayat dan arti Q.S. An-Nisa (4):146,
Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S.
Ali Imran (3): 134, atau hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
|
PERTEMUAN
KETIGA
1.
|
Pendahuluan ( 10 menit)
g.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
h.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
i. Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
peserta didik.
j. Guru
mengkondisikan peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri
4 – 6 siswa)
|
|
2.
|
Kegiatan inti ( 100 menit)
a.
Mengamati
·
Peserta didik menelaah berbagai
sumber belajar, sebagai dasar memahami makna ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits
tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.
·
Peserta didik memperhatikan
tayangan LCD yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf.
b.
Menanya
·
Peserta didik dengan dibantu
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tayangan LCD yang berkaitan
dengan ikhlas, sabar dan pemaaf
c.
eksplore
1.
Secara berkelompok peserta didik
berdiskusi dengan tema-tema yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan
tayangan LCD terkait ikhlas, sabar dan pemaaf.
2.
Manfaat dan hikmah mempunyai
sifat ikhlas, sabar dan pemaaf.
3.
Contoh perilaku seseorang yang
ikhlas, sabar dan pemaaf.
d.
Asosiasi
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter,
sekretaris dan pengamat
e.
Mengkomunikasikan
·
Setiap kelompok secara
bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
|
|
3.
|
Penutup (10 menit)
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
d.
Guru
menjelaskanmateri yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
|
|
H.
PENILAIAN
7)
Sikap spiritual
a. Teknik
Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
diri
c. Kisi-kisi :
No
|
Nilai sikap
|
Butir
instrumen
|
1
|
Meyakini bahwa sikap ikhlas, sabar dan pemaaf adalah perintah Allah
|
Terlampir
|
2
|
Meyakini bahwa ikhlas, sabar dan pemaaf adalah sifat terpuji yang
harus dimiliki oleh setiap muslim
|
|
3
|
Meyakini bahwa dengan memilki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf
manusia akan selamat dunia dan akhirat
|
|
4
|
Meyakini bahwa
dengan memiliki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf akan dimudahkan jalan hidupnya
|
|
5
|
Meyakini bahwa Allah swt
memuliakan terhadap orang yang memiliki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf
|
|
8)
Sikap sosial
g. Teknik
Penilaian : Penilaian Antar Teman
h. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
i. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Suka berbuat ikhlas, sabar, dan pemaaf kepada
temannya.
|
Terlampir
|
|
Segera memberikan maaf ketika temannya berbuat
salah dan minta maaf.
|
|
|
Tidak pamrih ketika temannya meminta tolong
|
|
|
Tidak mudah putus asa karena memiliki kesabaran
|
|
9)
Pengetahuan
m. Teknik
Penilaian :Tes Lisan
n. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
tes lisan
o. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat mengartikan Q.S.An-Nisa (4):146
|
Artikan Q.S.An-Nisa (4):146 dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Al Baqarah (2):153,
|
Artikan Q.S. Al Baqarah (2):153, dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Ali Imran (3): 134
|
Artikan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan salah satu hadits yang berkaitan
dengan ikhlas, sabar dan pemaaf
|
Artikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf !
|
10)
Keterampilan
m. Teknik
Penilaian : Performance
n. Bentuk
Instrumen : Praktik
o. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat membaca Q.S.An-Nisa (4):146
|
Bacalah Q.S.An-Nisa (4):146 dengan tartil!
|
|
Dapat membaca Q.S. Al Baqarah (2):153
|
Bacalah Q.S. Al Baqarah (2):153 dengan tartil !
|
|
Dapat membaca Q.S. Ali Imran (3): 134,
|
Bacalah Q.S. Ali Imran (3): 134!
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
Mansur
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar penilaian diri
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Bahwa sikap ikhlas, sabar dan pemaaf adalah perintah Allah
yang membawa manusia kepada kebaikan.
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Bahwa sifat ikhlas, sabar dan pemaaf adalah
siafat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap
muslim.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Meyakini bahwa dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan
selamat dunia dan akhirat.
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Meyakini bahwa dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan
akan dimudahkan jalan hidupnya.
|
|
|
|
|
|
|||||
5
|
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan manusia yang ikhlas, sabar dan
pemaaf
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
Mujur,
25 Agustus 2014
Siswa
yang bersangkutan
(……………………………)
Lampiran
2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
saharudin
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
TidakPernah
|
||||||||
1
|
Suka berbuat
ikhlas, sabar, dan pemaaf kepada temannya.
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Segera
memberikan maaf ketika temannya berbuat salah dan minta maaf.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Tidak pamrih
ketika temannya meminta tolong
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Tidak mudah
putus asa ketika mengahadapi
kesulita belajar karena memiliki kesabaran
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak
pernah
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
Kopang
25 agustus 2014
Ketua
kelompok
(………………………………)
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek
Pengetahuan)
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||||||
KompetensiDasar
|
:
|
a.
Memahamiisikandungan surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153,
dan surah Ali Imron3/:134 ser
tahadis yang terkait tentang
ikhlas, sabar, dan pemaaf.
|
||||||||||
Indikator
|
:
|
1.
Menyebutkan arti surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153,
dan surah Ali Imron3/:134
serta hadis tentang ikhlas,
sabar, dan pemaaf.
|
||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
||||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||
1.
|
Mengartikan QS. an-Nisa/4:146
|
Artikan
QS. an-Nisa/4:146 berikutini !
|
||||||||||
2.
|
Mengartikan QS. Al
Baqarah/2:153
|
Artikan
QS. Al Baqarah/2:153
|
||||||||||
3.
|
Mengartikan QS. Al
Baqarah/2:153
|
|
||||||||||
|
|
|
||||||||||
No
|
Jawaban
|
|||||||||||
1.
|
146.
Kecuali orang-orang yang taubat dan Mengadakan perbaikan[369] dan berpegang
teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena
Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah
akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.
[369] Mengadakan perbaikan berarti
berbuat pekerjaan-pekerjaan yang baik untuk menghilangkan akibat-akibat yang
jelek dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan.
|
|||||||||||
2.
|
153. Hai
orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99],
Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
[99] Ada pula
yang mengartikan: mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan
shalat.
|
|||||||||||
3.
|
|
|||||||||||
RUBRIK
PENILAIAN
|
||||||||||||
No.
|
Nama Surat
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
|||||||||
1
|
QS.
an-Nisa/4:146
|
|
|
|
|
|
||||||
2
|
QS. Al Baqarah/2:153
|
|
|
|
|
|
||||||
3
|
QS. Al Baqarah/2:153
|
|
|
|
|
|
||||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|||||||||
Lampiran
4 : Instrumen Penilaian (Aspek
Ketrampilan)
NamaPesertadidik
|
:
|
Fatmawati
|
||||||||||||
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca Q.S An Nisa :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, tartil Q.S. Ali Imran (3): 134,dengantartil
|
||||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
||||||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||||
1.
|
Membaca QS. Q.S. an Nisa: 146
|
Bacalah dengan
tartil Q.S. an Nisa: 146
|
||||||||||||
2.
|
Membaca
Q.S. Al Baqarah (2):153
|
Bacalah dengan
tartilQ.S. Al Baqarah (2):153
|
||||||||||||
3
|
Dapat membaca Q.S. Ali Imran (3): 134,
|
Bacalah dengan
tartilQ.S. Ali Imran (3): 134,
|
||||||||||||
RUBRIK
PENILAIAN
|
||||||||||||||
NO.
|
NAMA SURAT
|
KRITERIA
|
SKOR
|
|||||||||||
FASIH
|
TARTIL
|
KURANG TARTIL
|
TIDAK TARTIL
|
|||||||||||
1
|
Membaca QS. Q.S. an
Nisa: 146
|
|
|
|
|
|
||||||||
2
|
Q.S. Al Baqarah (2):153
|
|
|
|
|
|
||||||||
3
|
Q.S. Ali Imran (3): 134,
|
|
|
|
|
|
||||||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||||
Fashih
Tartil
Kurang Tartil
TidakTartil
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
||||||||||
CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
||||||||||||||
Darmaji, 22 Agustus 2014
Guru Pend. Agama
dan Budi Pekerti
Kelompok IV (empat)
INI HANYA CONTOH, MOHON SALING MELENGKAPI........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar