BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Persoalan pendidikan merupakan
masalah manusia yang berhubungan dengan kehidupan. Selama manusia ada,
maka selama itu pula persoalan pendidikan ditelaah dan direkonstruksi dari waktu
ke waktu, baik dalam arti makro seperti kebijakan pendidikan, politik
pendidikan, maupun dalam arti mikro, seperti tujuan, metode, pendidik dan
pembelajar, baik konsep filosufinya maupun tataran praktiknya. Aksentuasinya
pada pendidikan, karena masalah kehidupan manusia, pada umumnya dicari
pemecahannya melalui pendidikan.
Perkembangan yang cepat sebagai
dampak dari perkembangan ilmu dan teknologi, bagaimanapun juga mempengaruhi
terhadap banyaknya masalah dalam usaha dan proses peningkatan kualitas pendidikan
baik pada tataran konsep maupun tataran praktiknya, apalagi kalau dihubungkan
dengan asumsi bahwa problem-problem pendidikan sebenarnya, berpangkal dari
kurang kokohnya landasan filosufis pendidikannya. Sehingga kajian-kajian
mengenai konsep pendidikan yang dilontarkan para ahli merupakan keharusan.
Khusus dalam tulisan ini difokuskan pada pemikiran Burhanuddin az-Zarnuji
mengenai pendidikan. Beliau adalah penulis KitabTa’lim al-Muta’llim,
warisan intelektual muslim yang begitu penting karena ternyata pemikirannya
tersebut relevan diterapkan pada praktik pendidikan sekarang mengingat pudarnya
nilai-nilai akhlak bagi pendidik dan pembelajar.
Dalam dunia pendidikan Barat proses
pendidikannya semata-mata tanggung jawab manusia, tidak dihubungkan dengan
tanggung jawab keagamaan, tujuan akhir pendidikannyapun ialah memperoleh
kehidupan sejahtera dalam arti materealistik semaksimal mungkin. Ini tentu
berbeda dengan konsep pendidikan Islam, yang semua aktivitas pendidikan
haruslah dikaitkan dengan perwujudannya sebagai hamba Allah dan sebagai
khalifah.
Ada tiga persoalan yang diangkat
dalam tulisan ini yaitu (1) apa tujuan pendidikan/memperoleh ilmu menurut
al-Zarnuji (2) bagaimana sifat dasar moral manusia dan pengembangan
sumber daya manusia dan (3) bagaimana posisi pemikiran az-Zarnuji tentang
tujuan pendidikan dalam aliran filsafat pendidikan Islam. Tulisan yang bersifat
deskriptif ini digunakan pendekatan filsafat pendidikan yakni inkorporatif
yakni gagasan dari kajian teks karya al-Zarnuji mengenai pendidikan, dilihat
dari berbagai pemikiran pendidikan yang dilepaskan dari sistem alirannya.
Teknik analisisnya menggunakan content analisis yakni menarik kesimpulan dalam
usaha menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara objektif dan sistematis.
Dengan demikian pemikiran pengarang kitab tidaklah dihubungkan dengan setting
sosial yang melingkupinya dan latar belakang pendidikannya.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah biografi Burhanuddin
az Zarnuji?
2. Bagaimanakah karya-karya
Burhanuddin az-Zarnuji?
3. Bagaimanakah konsep pemikiran
Burhanuddin az Zarnuji mengenai pendidikan?
C. Tujuan Penulisan
1. Memaparkan biografi Burhanuddin az
Zarnuji.
2. Memaparkan karya Burhanuddin
az-Zarnuji.
3. Menjelaskan konsep pemikiran
Burhanuddin az zarnuji mengenai pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Biografi Burhanuddin az-Zarnuji
1. Riwayat Hidup Burhanuddin az
Zarnuji
Nama lengkapnya adalah Burhanuddin
al-Islam az-Zarnuji. Di kalangan ulama belum ada kepastian mengenai tanggal
kelahirannya. Adapun mengenai kewafatannya, setidaknya ada dua pendapat yang
dikemukakan disini. Pertama, pendapat yang mengatakan bahwa BUrhanuddin az
zarnuji wafat pada tahun 591 H/1195 M. sedangkan pendapat yang kedua mengatakan
bahwa ia wafat pada tahun 840 H/1243 M. sementara itu ada pula pendapat yang mengatakan
bahwa Burhanuddin hidup semasa dengan Rida ad Din an-Naisaburi yang hidup
antara tahun 500-600 H.[1]
Sehubungan dengan hal di atas,
Grunebaum dan Abel mengatakan bahwa Burhanuddin az zarnuji adalah toward the
end of 12th and beginning of 13th century A.D.
demikian pula mengenai daerah tempat kelahirannya yang pasti. Namun jika
dilihat dari nisbahnya, yaitu az Zarnuji, maka sebagian peneliti mengatakan
bahwa ia berasal dari Zaradj. Dalam hubungan ini Mochtar Affandi mengatakan: it
is a city in Persia which was formally a capital and city of Sadjistan to the
south of Heart (now Afganistan). Pendapat senada juga dikemukakan Abd al
Qadir Ahmad yang mengatakan bahwa az Zarnuji berasal dari suatu daerah yang
kini dikenal dengan nama Afganistan.[2]
Mengenai riwayat pendidikannya
dapat diketahui dari karangan yang dikemukakan para peneliti. Djudi misalnya
mengatakan bahwa az-Zarnuji menuntut ilmu di Bukhara dan Samarkand. Kota yang
menjadi pusat kegiatan kelimuan, pengajaran, dan lain-lainnya. Masjid-masjid
dikedua kota tersebut dijadikan sebagai lembaga pendidikan dan ta’lim yang
diasuh antara lain oleh Burhanuddin al-Marginani, Syamsuddin Abd al-Wajdi
Muhammad bin Muhammad bin ‘Abd as-Sattar al-Amidi dan lain-lainnya.[3]
Selain itu, Burhanuddin az zarnuji
juga belajar kepada Burhanuddin al-Firginani, seorang ahli Fiqih, sastrawan dan
penyair yang wafat tahun 594 H/1196 M; Hammad bin Ibrahim, seorang ahli ilmu
kalam di samping sebagai sastrawan dan penyair yang wafat tahun 594 H/1170 M,;
Rukn al-Islam Muhammad bin Abi Bakar yang dikenal dengan nama Khawahir Zada,
seorang mufti Bukhara dan ahli dalam bidang fiqih, sastra dan syair yang wafat
tahun 573 H/1177 M, dan lain-lain.[4]
Berdasarkan informasi tersebut,
ada kemungkinan besar bahwa az Zarnuji selain ahli dalam bidang pendidikan dan
tasawuf, juga menguasai bidang-bidang lain, seperti sastra, fiqih, ilmu kalam
dan lain sebagainya, sekalipun belum diketahui dengan pasti bahwa untuk bidang
tasawuf ia memiliki seorang guru tasawuf yang masyhur. Namun dapat diduga bahwa
dengan memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang fiqih dan ilmu kalam
disertai jiwa sastra yang halus dan mendalam, seseorang telah memiliki akses
(peluang) yang tinggi untuk masuk ke dalam dunia tasawuf.
Selain karena faktor latar
belakang pendidikan sebagaimana disebutkan di atas, faktor situasi sosial dan
perkembangan masyarakat juga mempengaruhi pola pikir seseorang.
2. Situasi pendidikan pada zaman Az
Zarnuji
Dalam sejarah pendidikan kita
mencatat, paling kurang ada lima tahap pertumbuhan dan perkembangan dalam
bidang pendidikan Islam. Pertama, pendidikan pada masa Nabi Muhammad saw.
(571-632); kedua pendidikan pada masa Khulafaur Rasyidin (632-661 M); ketiga, pendidikan
pada masa Bani Umayyah di Damsyik (661-750 M), keempat, pendidikan pada masa
kekuasaan pada masa Abbasyiah di Baghdad (750-1250 M), dan kelima, pendidikan
pada masa jatuhnya kekuasaan Khalifah di Baghdad (1250-sekarang).[5]
Disebutkan bahwa az-Zarnuji hidup
sekita akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13 (591-640/1195-1243 M). dari kurun
waktu tersebut dapat diketahui bahwa az-zarnuji hidup pada masa keempat dari
periode pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam sebagaimana disebutkan di
atas, yaitu antara tahun 750-1250 M. dalam catatan sejarah, periode ini
merupakan zaman keemasan atau kejayaan. Peradaban Islam pada umumnya, dan
pendidikan Islam pada khususnya. Dalam hubungan ini, Hasan Langgulung
sebagaimana yang dikutip oleh Abuddin Nata dalam bukunya mengatakan:”Zaman
keemasan Islam ini mengenai dua pusat, yaitu kerajaan Abbasiyah yang berpusat
di Baghdad yang berlangsung krang lebih lima abad (750-1258 M) dan kerajaan
Umayyah di Spanyol yang berlangsung kurang lebih 8 abad (711-1492 M).[6]
Pada masa tersebut, kebudayaan
Islam berkembang dengan pesat yang ditandai oleh munculnya berbagi lembaga
pendidikan, mulai dari tingkat dasar sampai pendidikan dengan tingkat perguruan
tinggi. Di antara lembaga-lembaga tersebut adalah Madrasah Nizhamiyah yang
didirikan oleh Nizham al-Muluk (457 H/106 M), Madrasah an-Nuriyah al-Kubra yang
didirikan oleh Nuruddin Mahmud Zanki pada tahun 563 H/1167 M. di Damaskus
dengan cabangnya yang amat banyak di kota Damaskus; Madrasah al-Muntasiriah
yang didirikan oleh Khalifah Abbasiyah, al-Muntasir Billah di Baghdad pada
tahun 631 H/1234 M. Sekolah yang disebutkan terakhir ini dilengkapi dengan
berbagai fasilitas yang memadai seperti gedung berlantai dua, aula, perpustakaan
dengan kurang lebih 80.000 buku koleksi, halaman dan lapangan yang luas,
masjid, balai pengobatan dan lain sebagainya. Keistimewaan lainnya Madsarasah
yang disebut terakhir ini adalah karena mengajarkan ilmu fiqih dalam empat
mazhab (Maliki, Hanafi, Syafi’i dan Ahmad ibn Hambal).[7]
Di samping ketiga madrasah
tersebut, masih banyak lagi lembaga-lembaga pendidikan Islam lainnya yang
tumbuh dan berkembang pesat pada zaman za-Zarnuji hidup. Dengan memperhatikan
informasi tersebut di atas, tampak jelas bahwa az-Zarnuji hidup pada masa ilmu
pengetahuan dan kebudayaan Islam tengah mencapai puncak keemasan dan
kejayaannya. Yaitu pada akhir masa Abbasiyah yang ditandai dengan munculnya
pemikir-pemikir Islam ensiklopedik yang sukar ditandingi oleh pemikir-pemikir
yang datang kemudian.
Kondisi pertumbuhan dan
perkembangan tersebut di atas amat menguntungkan bagi pembentukan az-zarnuji
sebagai seorang ilmuwan atau ulama yang luas pengetahuannya. Atas dasar ini
tidak mengherankan jika Hasan Langgulung menilai bahwa az-Zarnuji termasuk
seorang filosof yang memiliki sistem pemikiran tersendiri dan dapat
disejajarkan dengan tokoh-tokoh seperti Ibn Sina, al-Ghazali dan lain
sebagainya.
B. Karya Burhanuddin az-Zarnuji
Karya
termasyhur al-Zarnuji adalah Ta’lim al-Muta’allim Tariq al-Ta’allum,
sebuah kitab yang bisa dinikmati dan dijadikan rujukan hingga sekarang. Menurut
Haji Khalifah, kitab ini merupakan satu-satunya kitab yang dihasilkan oleh
al-Zarnuji. Meski menurut peneliti yang lain, Ta’lim al-Muta’allim, hanyalah
salah satu dari sekian banyak kitab yang ditulis oleh al-Zarnuji. Seorang
orientalis, M. Plessner, misalnya, mengatakan bahwa kitab Ta’lim al-Muta’allim
adalah salah satu karya al-Zarnuji yang masih tersisa. Plessner menduga kuat
bahwa al-Zarnuji memiliki karya lain, tetapi banyak hilang, karena serangan
tentara Mongol yang dipimpin oleh Hulagu Khan
terhadap kota Baghdad pada tahun 1258 M.[8]
Pendapat
Plessner ini dikuatkan oleh Muhammad ‘Abd Qadir
Ahmad. Menurutnya, minimal ada dua alasan bahwa
al-Zarnuji menulis banyak karya, yaitu: pertama, kapasitas al-Zarnuji sebagai
pengajar yang menggeluti bidang kajiannya. Ia menyusun metode pembelajaran yang
dikhususkan agar pasa siswa sukses dalam belajarnya. Tidak masuk akal bagi
al-Zarnuji, yang pandai dan bekerja lama di bidangnya itu, hanya menulis satu
buku.Kedua, ulama-ulama yang hidup semasa al-Zarnuji telah menghasilkan banyak
karya.Karena itu, mustahil bila al-Zarnuji hanya menulis satu buku.[9]
Tentang
ada tidaknya karya lain yang dihasilkan al-Zarnuji sebenarnya dilukiskan
al-Zarnuji sendiri dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim, yang dalam salah satu
bagiannya ia mengatakan: “…kala itu guru kami syeikh Imam ‘Ali bin Abi Bakar
semoga Allah menyucikan jiwanya yang mulia itumenyuruhku untuk menulis kitab Abu
Hanifah sewaktu aku akan pulang ke daerahku, dan aku pun menulisnya…” Hal ini
bisa memberikan gambaran bahwa al-Zarnuji sebenarnya mempunyai karya lain
selain kitabnya yang berjudul Ta’lim al-Muta’allim. Telepas dari perdebatan
itu, al-Zarnuji merupakan tokoh yang telah memberikan sumbangan berharga bagi
perkembangan pendidikan Islam.Karyanya, patut dikaji dan dipelajari.[10]
C. Konsep Pemikiran Burhanuddin
az-Zarnuji dalam Pendidikan
Konsep pemikiran yang dikemukakan
az-Zarnuji secara monumental dituangkan dalam karyanya Ta’lim al-Muta’allim
Thuruq al-Ta’allum. Kitab ini banyak diakui sebagai suatu karya yang jenial
dan monumental serta sangat diperhitungkan keberadaannya. Kitab ini banyak pula
dijadikan bahan penelitian dan rujukan dalam penulisan karya-karya ilmiah,
terutama dalam bidang pendidikan. Kitab ini banyak dipergunakan tidak saja
terbatas di kalangan ilmuwan Muslim, tetapi juga oleh para orientalis dan para
penulis Barat. Di antara tulisan yang menyinggung kitab ini dapat dikemukakan
antara lain: G.E. Von Grunebaum dan T.M. Abel yang menulis Ta’lim al
Muta’allim Thuruq al-Ta’allum; Intruction of the Students: The Method of
Learning; Carl Brockelmann dengan bukunya Geshicte der Arabischen Litteratur;
Mehdi Nakosten dengan tulisannya History of Islamic Origins of Western
Education A.D. 800-1350, dan lain sebagainya.[11]
Keistimewaan lainnya dari buku Ta’lim
Muta’allim tersebut adalah terletak pada materi yang dikandungnya.
Sekalipun kecil dan dengan judul yang seakan-akan hanya membicarakan tentang
metode belajar, namun sebenarnya membahas tentang tujuan belajar, prinsip
belajar, strategibelajar dan lain sebagainya yang secara keseluruhan didasarkan
pada moral religious.
Keterkenalan Kitab Ta’lim
al-Muta’allimterlihat dari tersebarnya buku ini hampir ke seluruh penjuru
dunia. Kita ini telah dicetak dan diterjemahkan serta dikaji diberbagai Negara,
baik di Timur maupun di Barat. Kita ini juga menarik perhatian beberapa ilmuwan
untuk memberikan komentar atau syarah terhadapnya.
Di Indonesia, kitab Ta’lim
al-Muta’allim dikaji dan dipelajari hampir di setiap lembaga pendidikan
Islam, terutama lembaga pendidikan klasik tradisional seperti pesantren bahkan
di pondok pesantren modern sekalipun.
Dari kitab tersebut dapat diketahui
tentang konsep pendidikan Islam yang dikemukakan az-Zarnuji. Secara umum kitab
inimencakup tiga belas pasal yang singkat-singkat, yang meliputi pengertian
ilmu dan keutamaannya, niat di kala belajar, memilih ilmu, guru dan teman serta
ketabahan dalam belajar, memghormati ilmu dan ulama, ketekunan, kontinuitas,
dan cita-cita luhur, permulaan dan intensitas belajar serta tata teribnya,
tawakkal kepada Allah, masa belajar, kasih sayang dan memberi nasihat,
mengambil pelajaran, wara ( menjaga diri dari yang haram dan syubhat) pada masa
belajar, penyebab hafal dan lupa, serta masalah rezeki dan umur.[12]
Semua inti tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:
a) Pengertian ilmu dan keutamaannya
Jurisprudence is the science of the fine points of
knowledge. Abi Hanifa Said, “Jurisprudenceia aperson’s knowledge of his rights
and duties.” He said Further, “The purpose of learning is to ac by it, while
the purpose of action is to abandon the fleeting (things of this life) for what
last forever.”[13]
Ilmu yang dapat
menghantarkan pelaksanaan kewajiban. Melaksanakan salat adalah kewajiban bagi
setiap muslim, maka wajib pula mempelajari ilmu tentang salat secukup dapat
melaksanakannya. Seseorang yang mempunyai kemampuan dalam melaksanakan haji,
maka ia wajib mempelajari ilmu tentang pelaksanaan haji.
So one must never heedless of his soul or af what
benefits or harms it in this life and in the next. Hence, man must seek out
what is useful, while avoiding what is harmful to the (soul), lest his
intelligence and his knowledge become weapons against him (in the Hereafter)
and thus his punishment in increased. May God preserve us from His Wrath and
His punishment.[14]
b) Niat dikala belajar
Imam Burhanuddin, author of the
Hidaya, recited a poem by an unnamed author:
An immoral man of learning is a
great evil;
Yet a greater evil is an ignoramus
leading a godly life,
Both are a great trial everywhere
To whomever clings to his religion[15]
One must intend (with knowledge)
to being thankful (to God) for a healthy
mind and a sound body; one should not, however, (intend) to attract people
toward himself, or reap the vanities of the world, or obtain honors from the
king, and the like.[16]
Niat mempunyai
peranan penting dalam perbuatan, maka pelajar sudah sewajarnya menata niat dan
diarahkan. Salah satu niat yang baik adalah mencari ridla Allah.
c) Memilih ilmu, guru dan teman serta
ketabahan dalam belajar
When undertaking the pursuit of
knowledge, it is necessary to choose among the brances of learning those that
are the most beneficial to oneself. One should (also) select what is essential
according to the stage one has reached in his religion development. And
finally, (one shoul) choose what will be essential to one in the future. (With
this, the individual) will perfect himself in the knowledge of the oneness of
God and learn about God to Exalted throught (sound) evidence, for the faith o
one who blindly follows authority, even though it may be correct in our view,
is still defective because of his failure to seek out proofs.[17]
Al-Hakim (al-Samarkand) stated,
“If you come to Bukhara, do not hasten between various learned masters. Rather,
be patient a couple of months until you reflect concerning the choice of a
teacher.” For if you come to a learned man and begin to study with him right
away, his teaching may often not to be your liking, (If this is the case) you
leave him and move on to another teacher. But no blessing will come to you by
taking up your studies in this manner. So reflect two months about the (right)
choice of a teacher and seek advice so that you do not have to leave and
withdraw from him. (it is better) that you remain with him untilyour studies
have prospered and you profit a great deal from the knowledge you have
attained.[18]
Know that patience and preverance comprise the foundation
of all (important) maters, but these (two qualities) are rare, as it is said
ini a verse (of poetry), “The effort in the attainment of glory wearies/but
persistence is rare among men.”[19]
It is said that courage is having
endurance for (even) one hour. Hence, It is necessary for the pursuer of
knowledge to be firm and exert patience with his teacher and his text so as to
not abandon (his studies) incomplete. (Also exert patience) wit one discipline
in order not to be distracted by another before the first is completed.
(likewise have patience) with one land
so as to not migrate to another unnecessarily. For all these changes dirturb
one’s affairs, preoccupy the heart, lose time, and injure the teacher.[20]
Guru adalah
harus berusia tua. (Az Zarnuji,tt;13). Dengan demikian tugas guru sebagai orang
dewasa lebih tertunjang, baik itu ilmu atau pengalamannya. Karena itu, guru
akan memperhatikan beberapa unsur tentang belajar yang berkenaan dengan dirinya.
Pelajar tidak akan
lepas dari pergaulan dan teman sebaya. Bahkan setelah mengenal dunia pergaulan
teman lebih didengar dari orang tua sendiri. Untuk itu dalam Kitab Ta'lim al
Muta'allim pelajar hendaklah mencari teman yang mempunyai sifat :
- Tekun - Jujur
- Wara' - Mudah memahami masalah
dan menjauhi teman yang bertabiat
pemalas, penganggur, banyak bicara, suka mengacau dan gemar memfitnah.
d) Menghormati ilmu dan ulama
Know that in the pursuit of
knowledge, one does not acquire learning nor profit from it unless one holds
knowledge in esteem and those who possess it. So one (must) esteem and venerate
the teacher. It is said that he who attains knowledge does not do so except
through respect, while he who fails (in this goal) does so only by ceasing to
respect and venerate learning and its bearers. It is stated that respect is
preferable to obedience, for you do not perceive a man becoming an unbeliever
through his rebellion (against God’s revelation), but by (his) mocking of it
nad by discarding reverence (for it). One aspect of venerating knowledge
consist in holding the teacher in esteem. Ali (ibnu Abi Thalib) said: “I am the
slave of him who teaches me one letter of the alphabet. If he wishes, he may
sell me; if he so desires, he may set me free; and if he cares to, he may
deploy me as a slave.[21]
In verating the teacher, avoid walking in front of him
and sitting in his place. And do not begin speaking in his presence without his
permission, and do not speak to any great extent before him without his
permission.[22]
In seeking knowledge, it is necessary that one choose by
himself the kind of learning to pursue, but to entrst the matter to the
teacher.[23]
e) Ketekunan, kontinuitas dan
cita-cita luhur
Earnestness, perseverance, and
assiduity are indispensable in the quest for knowledge. This is indicated in
the Qur’an, in the very words of God, the Exalted, Those who have earnestly
striven in Our cause, we shall surely guide them to Our ways (29:69); and “O
John (Yahya), take the book with power” (19:12). It is said that he who seeks
something and is persistent shall ente. And it is said that you will reach what
you desire (only) to the extent that you pursue it. It is said as well that the
industriousness of three kinds of people is essential in (the pursuit of)
knowledge and understanding: the student, the teacher, and the father, if he
among the living.[24]
Seorang guru
telah berpegalaman tidak berusaha mendorong peserta didiknya untuk mempelajari
sesuatu diluar kemampuannya dan tidak memompakan keotaknya pengetahuan yang
tidak sesuai dengan kematangannya atau tidak sejalan dengan pengalaman yang
lalu, atau memakai metode yang tidak sesuai dengan mereka. Guru akan selalu
memperhatikan keadaan suasana jiwa mereka.
Banyak macam
kegiatan yang dilakukan anak didik dalam belajar, membangkitkan minat dan
keperluannya, pembentukan bakat dan sikap, yang menjadi bagian dari kepribadian
mereka, maka perlu dibangkitkan bakat dan sikap yang baik. Salah satu cara
adalah memberikan dorongan dan pujian. Adapun kekerasan dan kegagalan
melemahkan semangat
f) Permulaan dan intensitas belajar
serta tata tertibnya
Our teacher, Burhan al-Din, used o
begin his studies on Wednesday. He used to related (the following tradition he
heard) from his teacher, Qiwam al-Din Ahmad ibn ‘Abd al-Rashid, “(heard from a
certain man, in whom I have confidence, that Imam Yusuf al-Hamdani undertook
all his best work on Wednesdays, (He did) this because Wednesday is the day in
which light was created and it is a day injurious to the ways of the
disbeliever, though it is a providential day for the believer.”[25]
It is necessary to begin (one’s
study) with matters that are more readily understood. Imam Sharaf al-Din
al-Uqayli used to say, “In my opinion the right procedure (in study) is what
our elders practiced. They chose to begin with a few subjects of broad content
because these are more readily understood nad retained; they are less fatiguing
and occur frequently among men. “It is (also) essential to write down an
extract (of the material) after memorizing it and then repeat it often, for
this (method) is indeed profitable. Hut the student shoul not write anything
unless it is fully understood, for (writing down of undigested matter) blunts
the character, revages intelligence, and wastes time. It is importantthat the
student exert himself strenuously to understand what he is offered by the
teacher, apllying intelligence, reflection, and much repetition. For if reading
is limited but repetition and reflection are axtensive, the (thestudent) will
attain a firm grasp and understanding (of the material). It is said that
memorizing teo letters is better than listening to two loads (of
books);moreover, comprehending two letters is betterthan memorizing two such
loads. But if comprehension by passes one and he does not exert oneself (to
repeat the lesson at least) one or two times (to learn it), one (become
vulnerable to) getting accustomed to this (negligence), such that even an easy
lesson will not be comprehended. So it is necessary not to neglect gaining
understanding (of one’s subject matter) and to do one’s work diligently, while
praying to God the Exalted and beseeching Him humbly (for knowledge). Indeed,
God answers those who call upon Him and does not disappoint those who place
hope in Him.[26]
Mengatur
pengalaman belajar serta kegiatan yang berhubungan dengannya, adalah faktor
utama dalam berhasilnya proses belajar, karena ia memudahkan murid untuk
memperoleh pengalaman tersebut dan dalam memanfaatkannya. Pengaturan itu
terjadi dengan menghubungkan unsur – unsur pelajaran dengan keperluan murid,
dan menjadikannya kesatuan yang terpadu yang berkisar pada masalah yang menjadi
perhatian mereka. Dengan demikian pelajaran ilmu menjadi lebih bermakna. Karena
belajar didasarkan pada pengalaman yang sudah dimilik.
g) Tawakkal kepada Allah
It is necerrasy in the quest for
knowledge that one rely entirely on God and not be worried about matters (like)
material sustenance; one should not occupy one’s mind with (such concerns). Abu
Hanifa related what he heard from ‘Abadallah ibn al-Hasan al-Zabidi, “A person
who devotes himself to learning God’s religion, God Almighty gives him
sufficient care and provides for him in unexpectedways.” So he who occupies
himself with matters of sustenance, such as food and clothing, is not yet free
enough for the acquisition of noble traits and elevated matters, (like
knowledge and scholarship).[27]
It is obligatory for the student not to be occupied with
anything else but knowledge and never turn away from learning. Muhammad ibn
al-Hasan said, “Indeed, this trade of (scholarship) goes on from cradle to grave;
so he who wishes to refrain from this pursuit of knowledge for even one hour,
might as well leave it entirely this very hour.[28]
h) Masa belajar
The best period (in life for
study) is at the beginning of adolescene. (The best period of the day) is the
time of dawn and that between the setting of the sun and the first Prayer vigil
of the night. It is necessary to fully immerse oneself in the study of
knowledge at all times. But if one becomes over-fatigued by a given discipline,
then he should move on to another.[29]
i)
Kasih sayang dan memberi nasihat
A person of knowledge must be
sympathetic and helpful rather than jealou, for envy is injurious and devoid of
benefit. Shaykh al-Islam Burhan al-Din used to say, “The son of the learned man
will be learned himself because the man of knowledge earnestly desires that his
discipline become scholars. So trought the blessing that comes from his
conviction and compassion, hos son too will become leared.[30]
j)
Mengambil pelajaran
A person in pursuitof knowledge
should seek it at all times, so that he may eventually attain excellence. One
way to attain knowledge is to have ink available to(the seeker) at every
occasion so that he can jot down whatever knowledge he hears. It is said that
he who simply tries to memorize (what he has eard, the lesson will) flee; but
he who writes it down stands firm. It is (also) said that knowledge is that
which is taken from the lips of men, since they recall only the best of what
they heard and mention only the best of what they recall.[31]
k) Wara (menjaga diri dari yang haram
dan syubhat) pada masa belajar
The more abstinent seeker of
knowledge is the more useful his knowledge becomes. Moreover, his learning
becomes easier and the acquisition of beneficial matters more expansive. In
part, abstinence is toguard against satiety (from hunger), much sleep, and
abundant talk about useless matters. One must also beware of eating food in the
marketplace if possible, because food of the market is further removed from the
contemplation of God nad closer to being heedless of Him. Moreover, the eyes of
the needy fall upon the food (in the marketplace); while the needy are unable
to purchase anything. As a result, they are further harmed, and the blessing of
the food vanishes.[32]
Seorang pelajar
selama dalam mencari ilmu seharusnya menjaga diri dari segala yang telah
diharamkan oleh Allah (wara')
Ditulis dalam
Kitab Ta'lim al Muta'allim barangsiapa yang tidak berbuat wara' waktu belajar,
maka Allah akan memberinya ujian sebagai berikut :
- Dimatikan
dalam usia muda.
- Ditempatkan
dalam perkampungan kaum bodoh.
- Dijadikan
pengabdi para penguasa.
Jika melakukan
wara' maka ilmu akan menjadi manfaat, belajarpun mudah. Termasuk berbuat wara'
menjauhi perut yang terlalu kenyang,
terlalu banyak tidur dan banyak membicarakan hal – hal yang tidak bermanfaat.
l)
Penyebab hafal dan lupa
The most influential factors in
(strengthening) memory are indrustrousness and commitment. Reducing one’s
consumption, (increasing) Prayer at night, and reading the Quran are also
factors for(improving) one’s memory. It is said that nothing increases memory
retention more than reading the Quran silently; and reading the Quran the Quran
silently is most excellent, for the Prophet saw aid, “The most excellent among
the works of my community is reading the Quran silently.”[33]
m) Masalah rezeki dan umur
The student of learning must have sustenance
and have knowledge of those things which increase it. (The student should know
as well) what augments life and health in order to be free from (other)
occupation and thus (devote himself) to the pursuit of knowledge alone. Books
have been written describing these matters; so briefly I will cite only some
(points concerning this).[34]
The Messenger of God swt said, “The decrees
of God are not averted except by supplication, and your span of life is not
augmented except through piety. For a man is deprived of sustenance because of
a sin he has committed.” This statement establishes for certain that the
perpetration of sin the cause of sustenance deprivation, especially in the case
of telling lies which brings about proverty. There is a specific hadith that
establishes this (effect of lying). Sleep in the morning cuts off sustenance.in
fact, an overabundance of sleep brings about poverty and a dearth of learning
as well.[35]
Menurut al-Jamaliy, tujuan pendidikan Islam
antara ialah (1) agar seseorang mengenal statusnya di antara makhluk dan
tangung jawab masing-masing individu di dalam hidup mereka di dunia, (2) agar
mengenal interaksinya di dalam masyarakat dan tanggung jawab mereka di
tengah-tengah sistem kemasyarakatan, (3) supaya manusia kenal alam semesta dan
membimbingnya untuk mencapai hikmat Allah di dalam menciptakan alam semesta dan
memungkinkan manusia menggunakannya, (4) supaya manusia kenal akan Tuhan
Pencipta alam ini dan mendorongnya untuk beribadah kepadanya.[36]
Menurut Syed Muhammad Naqueib bahwa tujuan pendidikan itu supaya menjadikan
manusia itu orang yang baik (the aims of Education in Islam is to produce a
good man).[37]
Sedangkan menurut al-Abrasy, bahwa tujuan umum yang asasi bagi pendidikan Islam
yaitu (1) untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia, (2) untuk persiapan
kehidupan dunia dan akhirat, (3) untuk persiapan mencapai rezeki dan
pemeliharaan segi-segi kemanfaatan. Pendidikan Islam tidaklah semuanya
bersifat akhlak, atau spritual semata, tetapi menaruh perhatian pada segi
kemanfaatan pada tujuan-tujuan, kurikulum, dan aktivitasnya. Para pendidik
muslim memandang kesempurnaan manusia tidak akan tercapai kecuali dengan
memadukan antara ilmu agama dan pengetahuan, atau menaruh perhatian pada
segi-segi spritual, akhlak dan segi-segi kemanfaatan. (4) Untuk menumbuhkan
jiwa ilmiah dan memuaskan keinginan diri untuk mengetahui dan memungkinkan ia
mengkaji ilmu sekedar sabagai ilmu, (5) untuk menyiapkan pembelajar dari
segi profesional, teknis, dan perusahaan supaya ia dapat menguasai profesi,
teknis dan perusahaan tertentu, supaya ia dapat mencari rizki dalam hidup
dengan mulia disamping memelihara segi spritual dan keagamaan.[38]
Menurut al-Zarnuji tujuan
belajar pendidikan Islam berikut ini[39]
وينبغى أن ينوي المتعلم يطلب العلم رضا الله
تعالى والدار الآخرة وازلة الجهل من نفسه وعن سائر الجهال وإحياء الدين و إبقاء
الإسلام فأن بقاء الإسلام بالعلم. ولايصح الزهد والتقوى مع الجهل. والنشد الشيخ الإمام
الأجل برهان الدين صاحب الهداية شعرا لبعضهم:
فساد
كبير عالم متهتك *
وأكبر منه جاهل متنسك
هما
فتنة في العالمين عظيمة * لمن بهما فى دينه يتمسك.
Maksudnya:
Seseorang yang menuntut ilmu harus bertujuan mengharap rida Allah, mencari
kebahagiaan di akhirat, menghilangkan kebodohan baik dari dirinya sendiri
maupun dari orang lain, menghidupkan agama, dan melestarikan Islam. Karena
Islam itu dapat lestari, kalau pemeluknya berilmu. Zuhud dan takwa tidak sah
tanpa disertai ilmu. Syekh Burhanuddin menukil perkataan ulama sebuah syair:
“orang alim yang durhaka bahayanya besar, tetapi orang bodoh yang tekun
beribadah justru lebih besar bahayanya dibandingkan orang alim tadi. Keduanya
adalah penyebab fitnah di kalangan umat, dan tidak layak dijadikan panutan.
Selanjutnya al-Zarnuji berkata[40]
وينوي به الشكر على نعمة العقل وصحة البدن ولا
ينوى به اقبال الناس ولا استجلاب حطام الدنيا والكرامة عند السلطان وغيره. قال
محمد ابن الحسن رحمه الله تعالى لو كان الناس كلهم عبيدى لاعتقتهم و تبرأت عن
ولآئهم.
Maksudnya: Seseorang yang menuntut ilmu haruslah didasari
atas mensyukuri nikmat akal dan kesehatan badan. Dan dia tidak boleh bertujuan
supaya dihormati manusia dan tidak pula untuk mendapatkan harta dunia dan
mendapatkan kehormatan di hadapan pejabat dan yang lainnya.
Sebagai akibat dari seseorang yang merasakan lezatnya
ilmu dan mengamalkannya, maka bagi para pembelajar akan berpaling halnya dari
sesuatu yang dimiliki oleh orang lain. Demikian pendapat al-Zarnuji,
seperti statemen berikut ini[41]
ومن وجد لذة العلم والعمل به قلما فيما عند
الناس. انشد الشيخ الإمام الآجل الأستاذ قوام الدين حمادالدين ابراهم بن اسماعيل
الصفار الأنصاري املآء لابي حنيفة رحمه الله تعالى شعرا :
من
طلب العلم للمعاد * فاز بفضل من الرشاد
فيالخسران
طالبه *
لنيل فضل من العباد.
Maksudnya: Barangsiapa dapat merasakan lezat ilmu dan
nikmat mengamalkannya, maka dia tidak akan begitu tertarik dengan harta yang
dimiliki orang lain. Syekh Imam Hammad bin Ibrahim bin Ismail Assyafar
al-Anshari membacakan syair Abu Hanifah: Siapa yang menuntut ilmu untuk
akhirat, tentu ia akan memperoleh anugerah kebenaran/petunjuk. Dan kerugian
bagi orang yang mencari ilmu hanya karena mencari kedudukan di masyarakat.
Tujuan pendidikan menurut al-Zarnuji sebenarnya tidak
hanya untuk akhirat (ideal), tetapi juga tujuan keduniaan (praktis), asalkan
tujuan keduniaan ini sebagai instrumen pendukung tujuan-tujuan keagamaan.
Seperti pendapat al-Zarnuji berikut ini[42]
اللهم
الا اذا طلب الجاه للأمر بالمعروف والنهى عن المنكر وتنفيذ الحق واعزاز الدين لا
لنفسه وهواه فيجوز ذلك بقدر مايقيم به الأمر بالمعروف والنهى عن المنكر. وينبغى
لطالب العلم أن يتفكر في ذلك فإنه يتعلم العلم بجهد كثير فلا يصرفه الى الدنيا
الحقيرة القليلة الفانية شعر:
هي
الدنيا اقل من القليل *
وعاشقها اذلّ من الذليل
تصم
بسحرها قوما و تعمي * فهم
متحيرون بلا دليل.
Maksudnya:
Seseorang boleh memperoleh ilmu dengan tujuan untuk memperoleh kedudukan, kalau
kedudukan tersebut digunakan untuk amar makruf nahi munkar, untuk melaksanakan
kebenaran dan untuk menegakkan agama Allah. Bukan mencari keuntungan untuk
dirinya sendiri, dan tidak pula karena memperturutkan nafsu. Seharusnyalah bagi
pembelajar untuk merenungkannya, supaya ilmu yang dia cari dengan susah payah
tidak menjadi sia-sia. Oleh karena itu, bagi pembelajar janganlah mencari ilmu
untuk memperoleh keuntungan dunia yang hina, sedikit dan tidak kekal.
Seperti kata sebuah syair:Dunia ini lebih sedikit dari yang sedikit, orang yang
terpesona padanya adalah orang yang paling hina. Dunia dan isinya adalah sihir
yang dapat menipu orang tuli dan buta. Mereka adalah orang-orang bingung yang
tak tentu arah, karena jauh dari petunjuk.
Bagaimana menurut al-Zarnuji
mengenai proses perkembangan pribadi manusia? Secara eksplisit al-Zarnuji tidak
menyebutkan, tetapi secara implisit dapat memberi gambaran kepada pembaca bahwa
al-Zarnuji lebih cenderung kepada aliran konvergensi dengan penambahan
nilai-nilai Islam. Berikut statemennya[43]:
واما
اختيار الأستاذ فينبغى أن يختار الاعلم والاورع والاسن كما اختار ابو حنيفة حينئذ
حمّاد بن ابي سليمان بعد بعد التأمل والتفكر. وقال ابو حنيفة رحمه الله تعالى :
وجدته شيخا وقورا حليما صبورا.وقال: ثبت عند حماد بن أبي سليمان فنبت.
Maksudnya: Adapun cara memiluh
ustadz, maka seseorang yang sedang menuntut ilmu hendaklah mencari ustadz yang
paling alim, yang paling wara’ (menjauhkan diri dari dosa, maksiat, dan
perkara yang syubhat), dan yang paling tua. Sebagaimana setelah Abu
Hanifah merenung dan berpikir, maka dia memilih ustadz Hammad bin Abi Sulaiman,
karena beliau mempunyai kriteria tersebut. Selanjutnya Abu Hanifah
berkata : Beliau adalah seorang ustadz yang berakhlak mulia, penyantun dan
penyabar. Aku bertahan menuntut ilmu ilmu kepadanya hingga aku seperti sekarang
ini.
Begitu pentingnya terma memilih ustadz ini, al-Zarnuji mengutip
perkataan orang bijak yaitu jika kamu pergi menuntut ilmu ke Bukhara, maka
jangan tergesa-gesa memilih pendidik, tapi menetaplah selama dua bulan hingga
kamu berpikir untuk memilih ustadz. Karena bila kamu langsung memilih kepada
orang yang alim, maka kadang-kadang cara mengajarnya kurang enak menurutmu,
kemudian kamu tinggalkan dan pindah kepada orang alim yang lain, maka belajarmu
tidak akan diberkati. Oleh karena itu, selama dua bulan itu kamu harus berpikir
dan bermusyawarah untuk memilih ustadz, supaya kamu tidak meninggalkannya dan
supaya betah bersamanya hingga ilmumu berkah dan bermanfaat.[44]
Dalam
pendidikan Islam dikenal sebuah teori yakni teori fitrah. Pemahaman para ahli
pendidikan Islam terhadap hakikat fitrah dalam Alquran ternyata membawa
implikasi lahirnya teori fitrah dalam pendidikan. Para ahli pendidik muslim
mengakui bahwa teori dan praktek pendidikan dipengaruhi oleh pandangan
bagaimana kecenderungan sifat dasar manusia dan bagaimana kemampuannya untuk
berkembang yang dikenal dengan teori fitrah itu diasumsikan, apakah
fatalis-pasif, netral-pasif, positif-aktif, dan dualis-aktif. Kata fitrah dan
segala bentuk kata jadiannya tertera pada 19 ayat dalam 17 surat.[45]
Menurut Mohamed pemahaman mengenai bawaan dasar (fitrah) manusia dan bagaimana
kemampuannya untuk berkembang dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu (1)
fatalis-pasif, (2) netral-pasif, (3) positif-aktif dan (4) dualis-aktif.[46]
Teori
fatalis-pasif, mengatakan bahwa setiap individu, melalui ketetapan Allah adalah
baik atau jahat secara asal, baik ketetapan semacam ini terjadi secara semuanya
atau sebagian sesuai dengan rencana Tuhan. Kemampuan manusia untuk berkembang
menjadi pasif, karena setiap individu terikat dengan ketetapan yang telah
ditentukan Tuhan sebelumnya. Yang berpandangan netral-pasif, berasumsi bahwa
anak lahir dalam keadaan suci, utuh dan sempurna, suatu keadaan kosong
sebagaimana adanya, tanpa kesadaran akan iman atau kufur, baik atau jahat.
Teori ini sama dengan teori Tabularasa dari John Locke. Kemampuan
individu untuk berkembang adalah pasif dan sangat tergantung dari polesan
lingkungan, terutama pendidikan. Yang berpandangan positif-aktif berasumsi bahwa
bawaan dasar manusia sejak lahirnya adalah baik, sedangkan kejahatan bersifat
aksidental. Kemampuan individu untuk berkembang bersifat aktif. Manusia
merupakan sumber yang mampu membangkitkan dirinya sendiri dari dalam. Yang
berpandangan dualis-aktif, berasumsi bahwa bawaan dasar manusia itu bersifat
ganda (dualis). Di satu sisi sifat dasarnya cenderung kepada kebaikan, dan di
sisi lain cenderung kepada kejahatan. Sifat dualis tersebut sama-sama aktif dan
dalam keadaan setara.
Seorang pelajar tidak hanya bersungguh-sungguh
memilih ustadz yang akan memberi pengaruh kepadanya tetapi juga memilih teman
yang tepat. Berikut pernyataan al-Zarnuji[47]:
و
أما اختيار الشريك فينبغى أن يختار المجد والورع وصاحب الطبع المستقيم والمتفهم و
يفر من الكسلان والمعطل والمكثار والمفسد والفتان. قيل:
عن المرءى تسأل وابصر قرينته * فإن القرين بالمقارن يقتدي
فإن كان ذاشر فجنبه سرعة * وإن كان ذا خير فقارنه تهدى
وانشدت:
لاتصحب الكسلان في حالاته * كم صالح بفساد آخر يفسد
عدوى البليد الجليد سريعة * كالجمر يوضع في الرماد فيخمد
وقال
النبي عليه الصلاة والسلام: كل مولود يولد على فطرة الإسلام الا أن ابواه يهودانه
وينصرانه ويمجسانه.
Maksudnya: Pembelajar harus memilih
berteman dengan orang yang tekun belajar, yang wara’, yang mempunyai
watak istiqa>mah dan suka berpikir. Dan menghindari berteman dengan
pemalas, atheis, banyak bicara, perusak dan tukang fitnah. Seorang
penyair berkata : “Janganlah bertanya tentang kelakuan seseorang, tapi lihatlah
siapa temannya. Karena seseorang biasanya mengikuti temannya. Kalau temanmu
berbudi buruk, maka menjauhlah segera. Dan bila berlaku baik maka bertemanlah
dengannya, tentu kamu akan mendapat petunjuk. Ada sebuah syair berbunyi:
“Janganlah sekali-kali bersahabat dengan seorang pemalas dalam segala tingkah
lakunya. Karena banyak orang yang menjadi rusak karena kerusakan
temannya. Karena sifat malas itu cepat menular.” Nabi Muhammad SAW bersabda :
Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kedua orangtuanyalah yang
menyebabkan anak itu menjadi beragama Yahudi, Nasrani atau Majusi”. Lebih
jelasnya masalah fitrah ini dijelaskan oleh Nabi SAW berikut ini dan artinya
عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مَوْلُودٍ إِلَّا يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ
يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ وَيُمَجِّسَانِهِ كَمَا تُنْتَجُ الْبَهِيمَةُ
بَهِيمَةً جَمْعَاءَ هَلْ تُحِسُّونَ فِيهَا مِنْ جَدْعَاءَ ثُمَّ يَقُول أَبُو
هُرَيْرَةَ وَاقْرَءُوا إِنْ شِئْتُمْ ( فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ
عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ) الْآيَةَ
Artinya: Dari Abu Hurairah berkata,
bahwa Nabi SAW bersabda: Tidak seorang anakpun, kecuali ia dilahirkan sesuai
dengan fitrahnya. Kedua orang tuanyalah yang mengyahudikan, menasranikan dan
memajusikannya, sebagaimana binatang ternak memperanakkan seekor binatang (yang
sempurna anggotan tubuhnya). Apakah kalian mengetahui di antara binatang itu
ada yang putus (telinganya atau anggotan tubuh lainnya). Kemudian Abu Hurairah
berkata, jika kamu kehendaki bacalah: fitrah.
Dari berbagai statemen al-Zarnuji
tersebut menunjukkan bahwa sifat dasar moral manusia itu bersifat good-interactive
atau fitrah positif-aktif dalam klasifikasi pemikiran pendidikan Islam
yang digagas oleh Ridha. Artinya, pada dasarnya manusia itu baik,
aktif/interaktif dan aksinya terhadap dunia luar bersifat proses kerjasama
antara potensi hereditas dan alam lingkungan pendidikan. Yakni seseorang dapat
saja dipengaruhi oleh alam lingkungannya secara penuh atau sebaliknya dunia
luar dipengaruhinya sehingga sesuai dengan keinginannya. Atau dirinya dan dunia
luar melebur menjadi tarik menarik secara terus menerus dan saling pengaruh
serta proses kerjasama. Namun nampaknya al-Zarnuji lebih banyak menekankan
kepada penataan lingkungan soaial budaya, seperti memilih ustadz, memilih
guru dan memilih lingkungan tempat pembelajar menimba ilmu. Sekalipun demikian,
belum dapat dikatakan bahwa al-Zarnuji beraliran Empirisme, karena pada bab
lain ia juga membicarakan tentang tawakkal. Tawakkal tentu merupakan
salah ciri dari yang beraliranNativisme. Sehingga lebih tepat kalau
al-Zarnuji dikelompokkan kepada Konvergensi Plus. Karena bagaimanapun
juga manusia tidak lepas dari bawaan hereditasnya dan pengaruh alam
lingkungannya atau proses kerjasama antaara keduanya (interaktif). Namun juga
perlu diingat bahwa dalam sisi kehidupan ini kadang-kadang disadari atau tidak
ada ‘inayatullah (pertolongan Tuhan). Seperti halnya kasus Kan’an
(anak Nabi Nuh) yang tetap ingkar sekalipun dibesarkan dan diasuh dalam
lingkungan kerasulan, isteri Fir’aun yang tetap wanita shalihah,
sekalipun suaminya seorang yang musyrik, istri Nabi Luth tetap durhaka kepada
suaminya sekalipun setiap harinya disinari oleh misi kerasulan dan lain-lain
yang dicontohkan dalam Alquran. Mungkin itulah yang dapat diistilahkan oleh
al-Zarnuji dengan istilah tawakkal.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Nama lengkapnya adalah Burhanuddin al-Islam az-Zarnuji.
Di kalangan ulama belum ada kepastian mengenai tanggal kelahirannya. Adapun
mengenai kewafatannya, setidaknya ada dua pendapat yang dikemukakan disini.
Pertama, pendapat yang mengatakan bahwa BUrhanuddin az zarnuji wafat pada tahun
591 H/1195 M. sedangkan pendapat yang kedua mengatakan bahwa ia wafat pada
tahun 840 H/1243 M. sementara itu ada pula pendapat yang mengatakan bahwa
Burhanuddin hidup semasa dengan Rida ad Din an-Naisaburi yang hidup antara tahun
500-600 H. Mengenai riwayat pendidikannya dapat diketahui dari karangan yang
dikemukakan para peneliti. Djudi misalnya mengatakan bahwa az-Zarnuji menuntut
ilmu di Bukhara dan Samarkand. Kota yang menjadi pusat kegiatan kelimuan,
pengajaran, dan lain-lainnya.
Karya
termasyhur al-Zarnuji adalah Ta’lim al-Muta’allim Tariq al-Ta’allim,
sebuah kitab yang bisa dinikmati dan dijadikan rujukan hingga sekarang. Dari kitab tersebut dapat diketahui
tentang konsep pendidikan Islam yang dikemukakan az-Zarnuji. Secara umum kitab
inimencakup tiga belas pasal yang singkat-singkat, yang meliputi pengertian
ilmu dan keutamaannya, niat di kala belajar, memilih ilmu, guru dan teman serta
ketabahan dalam belajar, memghormati ilmu dan ulama, ketekunan, kontinuitas,
dan cita-cita luhur, permulaan dan intensitas belajar serta tata teribnya,
tawakkal kepada Allah, masa belajar, kasih sayang dan memberi nasihat,
mengambil pelajaran, wara ( menjaga diri dari yang haram dan syubhat) pada masa
belajar, penyebab hafal dan lupa, serta masalah rezeki dan umur yang semuanya
menjadi konsep pemikiran az-Zarnuji dalam pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Abuddin Nata, 2003, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam; Seri
Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Burhanuddin az-Zarnuji, 1947,Intruction of the Student: The
Method of Learning = Ta’lim al-muta’allim tariq al-ta’allum/al-Zarnuji :
translated by G.E. von, Grunebaum and Theodora M. Abel, New York: King’s Crown
Press, 1947.
Muhammad
Faadhil al-Jamaly, 1967, Tarbiyah al-Insan al-Jadid, Tunisia: Al-Syirkah
al-Thurnisiyah Littauzi.
Syed Muhammad
al-Naqueib al-Attas,1979,Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah:
King Abdul Aziz University, 1979
Muhammad
Athiyah al-Abrasyi, 1975,al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falalsifatuha, Mesir:
‘Isa al-Bab al-Pabi wa Syurakah.
Syekh Ibrahim
bin Ismail, Syarh Ta’lim al-Muta’llim Tariq al-Ta’allum, Indonesia:
Dar Ihya al-Kutub al-‘Arabiyah, tt.
Baqi al,
Muhammad Fuad,1987,Mu’jam al-Mufakhras li al-Faz al-Qur’an al-Karim, Mesir:
al-Haidah al-Ammah.
Mohamed,
Yasien, 1997,Insan Yang Suci, terj. Masyhur Abadi, Bandung: Mizan.
Yandi Aphamudin, Biografi Para Ulama, (online) diakses
melalui http://biografiulama4.blogspot.com/2012/10/biografi-syekh-az-zarnuji-pengarang.html, tgl
akses 21 Desember 2014.
[1] Abuddin Nata, Pemikiran
Para Tokoh Pendidikan Islam; Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam,
(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003), hlm. 103.
[2] Abuddin Nata, Pemikiran
Para Tokoh…, hlm. 103-104.
[3] Abuddin Nata, Pemikiran
Para Tokoh…, hlm. 104.
[4] Abuddin Nata, Pemikiran
Para Tokoh…, hlm. 104-105.
[5] Abuddin Nata, Pemikiran
Para Tokoh…, hlm. 105.
[6] Abuddin Nata, Pemikiran
Para Tokoh…, hlm. 105-106.
[7] Abuddin Nata, Pemikiran
Para Tokoh…, hlm. 106.
[8]Yandi
Aphamudin, Biografi Para Ulama, (online) diakses melalui http://biografiulama4.blogspot.com/2012/10/biografi-syekh-az-zarnuji-pengarang.html, tgl akses 21
Desember 2014.
[9]Yandi
Aphamudin, Biografi Para Ulama…, 21 Desember 2014.
[10]Yandi
Aphamudin, Biografi Para Ulama…, 21 Desember 2014
[11] Abuddin Nata, Pemikiran
Para Tokoh…, hlm. 107.
[12] Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh…,
hlm. 108.
[13] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student: The Method of Learning = Ta’lim
al-muta’allim tariq al-ta’allum/al-Zarnuji : translated by G.E. von,
Grunebaum and Theodora M. Abel, (New York: King’s Crown Press, 1947), hlm. 5.
[14] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 5.
[15] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 6.
[16] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 7.
[17] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 9.
[18] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 10-11.
[19] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 11.
[20] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 11.
[21] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 13.
[22] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 14.
[23] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 17.
[24] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 18.
[25] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 25.
[26] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 26.
[27] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 34.
[28] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 35.
[29] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 37.
[30] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 38.
[31] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 41.
[32] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 43.
[33] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 47.
[34] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 50.
[35] Burhanuddin
az-Zarnuji, Intruction of the Student…, hlm. 50.
[36]Muhammad Faadhil al-Jamaly, Tarbiyah
al-Insan al-Jadid, (Tunisia: Al-Syirkah al-Thurnisiyah Littauzi, 1967),
hlm. 99.
[37]Syed Muhammad al-Naqueib al-Attas, Aims and
Objectives of Islamic Education, (Jeddah: King Abdul Aziz University,
1979), hlm. 1.
[38]Muhammad Athiyah al-Abrasyi, al-Tarbiyah
al-Islamiyah wa Falalsifatuha, (Mesir: ‘Isa al-Bab al-Pabi wa Syurakah,
1975), hlm. 22-25.
[39]Syekh Ibrahim bin Ismail, Syarh Ta’lim
al-Muta’llim Tariq al-Ta’allum, (Indonesia: Dar Ihya al-Kutub
al-‘Arabiyah, tt.), hlm. 10
[40]Syekh Ibrahim bin Ismail, Syarh Ta’lim
al-Muta’llim Tariq al-Ta’allum, (Indonesia: Dar Ihya al-Kutub
al-‘Arabiyah, tt.), hlm. 10.
[41]Syekh Ibrahim bin Ismail, Syarh Ta’lim
al-Muta’llim Tariq al-Ta’allum, (Indonesia: Dar Ihya al-Kutub
al-‘Arabiyah, tt.), hlm. 11.
[42]Syekh Ibrahim bin Ismail, Syarh Ta’lim
al-Muta’llim Tariq al-Ta’allum, (Indonesia: Dar Ihya al-Kutub
al-‘Arabiyah, tt.), hlm. 11.
[43]Syekh Ibrahim bin Ismail, Syarh Ta’lim
al-Muta’llim Tariq al-Ta’allum, (Indonesia: Dar Ihya al-Kutub
al-‘Arabiyah, tt.), hlm. 13.
[44]Syekh Ibrahim bin Ismail, Syarh Ta’lim
al-Muta’llim Tariq al-Ta’allum, (Indonesia: Dar Ihya al-Kutub
al-‘Arabiyah, tt.), hlm. 14.
[45]Baqi al, Muhammad Fuad, Mu’jam al-Mufakhras
li al-Faz al-Qur’an al-Karim, (Mesir: al-Haidah al-Ammah, 1987), hlm.
156-157.
[46]Mohamed, Yasien, Insan Yang Suci, terj.
Masyhur Abadi, (Bandung: Mizan, 1997), hlm. 41-75.
[47]Syekh Ibrahim bin Ismail, Syarh Ta’lim
al-Muta’llim...,hlm. 15-16.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar