Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Sabtu, 19 November 2016

MAKALAH MANAJEMEN KEUANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam pandangan ajaran Islam, segala sesuatu harus dilakukan secara rapi, benar, tertib, dan teratur. Proses-prosesnya harus diikuti dengan baik, tidak boleh dikerjakan secara asal-asalan. Arah pekerjaan yang jelas dan landasan yang mantab serta cara-cara mendapatkannya yang transparan akan menjadikan amal perbuatan yang mendapatkan ridlo dan hidayah dari Allah swt. Hal ini merupakan prinsip utama dalam ajaran Islam. Sesuai dengan prinsip itu, maka manajemen dalam arti mengatur segala sesuatu agar dilakukan dengan baik, tepat dan tuntas merupakan hal yang disyariatkan dalam ajaran Islam.
Pada dasarnya manajemen berasal dari to manage yang berarti mengatur, mengelola atau mengurusi. Manajemen sering diartikulasikan sebagai ilmu, kiat dan profesi. Sebagai ilmu, manajemen dipandang sebagai suatu bidang pengetahuan yang secara sistematis berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerja sama untuk mencapai tujuan dan membuat system kerjasama yang lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.
Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan akan sangat bergantung kepada manajemen yang digunakan dalam suatu lembaga pendidikan yang bersangkutan. Manajemen tersebut akan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang professional untuk mengoperasikan lembaga pendidikan tersebut, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik siswa, kemampuan dan komitmen tenaga kependidikan yang handal, sarana-prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal di atas tidak sesuai dengan yang diharapkan dan/atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka efektivitas dan efisiensi pengelolaan sekolah Islam tersebut kurang optimal.
Manajemen pendidikan adalah aktifitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses penataan atau pengolahan lembaga pendidikan Islam yang melibatkan SDM muslim dari manusia dan non manusia dalam menggerakkannya untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif.
Manajemen pendidikan Islam meliputi manajemen kurikulum dan pembelajaran pendidikan Islam, manajemen tenaga kependidikan Islam, manajemen sarana dan pra sarana dan lain-lain, termasuk juga tidak kalah pentingnya yaitu manajemen keuangan. Dan semua manajemen dalam tiap-tiap bagian tersebut haruslah diatur sebaik-baiknya dan serapi mungkin agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Namun fenomena yang terjadi sekarang ini ialah kurangnya perhatian manajer dan juga peneliti mengenai manajemen keuangan yang ada di suatu sekolah.
Salah satu unsur yang penting dimiliki oleh suatu sekolah agar menjadi sekolah yang dapat mencetak anak didik yang baik adalah dari segi keuangan. Manajemen keuangan sekolah sangat penting hubungannya dalam pelaksanaan kegiatan sekolah. Ada beragam sumber dana yang dimiliki oleh suatu sekolah, baik dari pemerintah maupun pihak lain. Ketika dana masyarakat atau dana pihak ketiga lainnya mengalir masuk, harus dipersiapkan sistem pengelolaan keuangan yang professional dan jujur.
Pengelolaan keuangan secara umum sebenarnya telah dilakukan dengan baik oleh semua sekolah. Hanya kadar substansi pelaksanaanya yang beragam antara sekolah yang satu dengan yang lainnya. Adanya keragaman ini bergantung kepada besar kecilnya tiap sekolah, letak sekolah dan julukan sekolah. Pada sekolah-sekolah biasa yang daya dukung masyarakatnya masih tergolong rendah, pengelolaan keuangannya pun masih sederhana. Sedangkan, pada sekolah-sekolah biasa yang daya dukung masyarakatnya besar, bahkan mungkin sangat besar, tentu saja pengelolaan keuangannya cenderung menjadi lebih rumit. Kecenderungan ini dilakukan karena sekolah harus mampu menampung berbagai kegiatan yang semakin banyak dituntut oleh masyarakatnya.
Dari latar belakangi oleh permasalahan tersebut di atas, penulis menyusun sebuah makalah yang membahas tentang “ Manajemen keuangan sekolah
B. Rumusan Masalah.
Dari uraian latar belakang di atas maka rumusan masalah dari makalah kami adalah sebagai berikut :
1.      Apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan ?
2.      Bagaimana manajemen keuangan dalam lembaga pendidikan Islam?
3.      Bagaimanakah Penyusunan RAPBS?
C.    Tujuan Pembahasan
Dari beberapa rumusan masalah di atas maka tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan.
2.      Untuk mengetahui bagaimana manajemen keuangan lembaga pendidikan Islam.
3.      Mengetahui Prinsip dan Proses penyusunan RAPBS
 BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Managemen Keuangan Pendidikan.
Manajemen Keuangan adalah aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh sumber modal yang semurah-murahnya dan menggunakannya seefektif, seefisien, dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.[1]
Pengertian manajemen keuangan dalam arti sempit adalah tata pembukuan. Sedangkan dalam arti luas adalah pengurusan dan pertanggungjawaban dalam menggunakan keuangan, baik pemerintah pusat maupun daerah. Manajemen keuangan adalah suatu proses melakukan kegiatan mengatur keuangan dengan menggerakkan tenaga orang lain. Kegiatan ini dapat dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai dengan pengawasan. Dalam manajemen keuangan di sekolah tersebut dimulai dengan perencanaan anggaran sampai dengan pengawasan dan pertanggung jawaban keuangan.[2]
Manajemen keuangan merupakan tindakan pengurusan/ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan  Dengan demikian, manajemen keuangan sekolah dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas mengatur keuangan sekolah mulai dari perencanaan, pembukuan, pembelanjaan, pengawasan dan pertanggung-jawaban keuangan sekolah.[3]
Beberapa kegiatan manajemen keuangan yaitu memperoleh dan menetapkan sumber-sumber pendanaan, pemanfaatan dana, pelaporan, pemeriksaan dan pertanggungjawaban.[4]
Keuangan nampaknya mempunyai peran yang signifikan dalam suatu lembaga apapun, khususnya lembaga pendidikan. Mujamil Qomar mengatakan, ada dua hal yang menyebabkan besarnya perhatian pada keaungan, yaitu :
Petama, keuangan termasuk kunci penentu kelangsungan dan kemajuan lembaga pendidikan. Kenyataan ini mengandung konsekuensi bahwa program-program pembaruan atau pengembangan pendidikan menjadi gagal dan berantakan manakala tidak didukung oleh keuangan yang memadai.
kedua, lazimnya keuangan itu sulit sekali didapatkan dalam jumlah yang besar khususnya bagi lembaga pendidikan swasta yang baru berdiri. [5]
Manajemen keuangan di sekolah Islam atau madrasah terutama berkenaan dengan kiat sekolah dalam menggali dana, kiat sekolah dalam mengelola dana, pengelolaan keuangan dikaitkan dengan program tahunan sekolah, cara mengadministrasikan dana sekolah, dan cara melakukan pengawasan, pengendalian serta pemeriksaan. Inti dari manajemen keuangan adalah pencapaian efisiensi dan efektivitas. Oleh karena itu, disamping mengupayakan ketersediaan dana yang memadai untuk kebutuhan pembangunan maupun kegiatan rutin operasional di sekolah, juga perlu diperhatikan faktor akuntabilitas dan transparansi setiap penggunaan keuangan baik yang bersumber pemerintah, masyarakat dan sumber-sumber lainnya.[6]
B.     Managemen Keuangan Pendidikan
1.      Sumber Keungan Pendidikan Islam
Sumber keuangan pada suatu sekolah umum dan sekolah Islam secara garis besar dapat dikelompokkan atas tiga sumber, yaitu:
a.       Pemerintah, baik pemerintah pusat, daerah, maupun kedua-duanya yang bersifat umum atau khusus dan diperuntukkan bagi kepentingan pendidikan dalam hal ini BOS dan BOP
b.      Orang tua atau peserta didik.
c.       Masyarakat, baik mengikat maupun tidak mengikat.[7]
Untuk menggerakkan sumber-sumber keuangan agar mudah dikeluarkan untuk pembiayaan lembaga pendidikan Islam Negeri maupun Swasta, ada beberapa cara yang dapat ditempuh, antara lain :
a.          Mengajukan proposal bantuan finansial ke Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan Nasional.
b.        Mengajukan proposal bantuan finansial ke pemerintah daerah.
c.          Mengedarkan surat permohonan bantuan kepada wali siswa.
d.        Mengundang alumni yang sukses untuk dimintai bantuan.
e.         Mengajukan proposal bantuan finansial kepada para pengusaha.
f.         Mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat mendatangkan keuntungan uang.
g.        Memberdayakan waqaf, hibah, dan sedekah atau infaq melalui Komite Sekolah.
h.        Memberdayakan solidaritas anggota organisasi keagamaan yang menaungi lembaga pendidikan Islam untuk membantu pencarian dana.[8]
Adapun dimensi pengeluaran meliputi: biaya rutin dan biaya pembangunan. Biaya rutin adalah biaya yang harus dikeluarkan setiap tahun, seperti gaji pegawai, biaya operasional, fasilitas, dan alat-alat pengajaran (barang-barang habis pakai). Sementara biaya pembangunan misalnya, biaya pembelian atau rehab gedung dan Perawatan, atau pengeluaran lain untuk barang-barang yang tidak habis pakai dan habis pakai.
Perencanaan keuangan disusun berdasarkan dana yang ada. Sumber dana meliputi :[9]
a.       DIPPA (Daftar Isian Proyek Penerimaan Anggaran): meliputi, gaji pegawai (PNS), uang belanja tupoksi, uang belanja penunjang pendidikan (UTP), honor.
b.      BOS: untuk kegiatan pembelajaran yang diperuntukkan pada kepentingan siswa.
c.       Partisipasi/wali murid: kisaran besarnya atau jumlah dana berdasarkan kesepakatan wali murid dengan madrasah melalui mediator komite.
d.      BOP: untuk biaya perawatan madrasah yang bersifat incidental.
e.       Jariyah: khusus dari wali murid kelas VII dan kisaran jumlah dana berdasarkan kesepakatan antara wali murid dengan madrasah melalui mediator komite dan bersifat sukarela.
Secara rutin sesuai dengan periodisasi penganggaran yang bisa diprogram tahunan dari 3 sumber dana yaitu: DIPPA, BOS dan partisipasi wali murid. Sedangkan BOP dan jariyah baru bisa diberikan setelah ada kepastian dana.
Sedangkan mengenai sumbangan-sumbangan lain kalau ada, program penggunaannya menyesuaikan dengan dana yang masuk riil.
Sementara itu penyusunan RAPBM melalui beberapa tahapan:[10]
a.       Menginfintarisir pengajuan anggaran dari sub-sub komponen struktur madrasah.
b.      Tim khusus merekap dan menyusun sesuai dengan pos-pos anggaran dan kegiatan yang terkait.
c.       Mengedit dan membuat skala prioritas sesuai dengan alokasi dana riil, prediksi dari tiga pos utama: DIPPA, BOS dan partisipasi wali murid.
d.      Menyusun draft sesuai dengan RAPBM.
e.       Koordinasi dan konsultasi kepada komite guna memperoleh pengabsahan RAPBM.
Keterangan lebih lanjut mengenai RAPBM terdapat dalam lampiran, beserta visi dan misi sekolah.
2.      Proses Pengelolaan Keuangan di Sekolah
Komponen keuangan sekolah merupakan komponen produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan belajar-mengajar bersama komponen komponen lain. Dengan kata lain, setiap kegiatan yang dilakukan sekolah memerlukan biaya.
Memperlihatkan cara mengatur lalu lintas uang yang diterima dan dibelanjakan mulai dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan sampai dengan penyampaian umpan balik. Kegiatan perencanaan menentukan untuk apa, dimana, kapan dan beberapa lama akan dilaksanakan, dan bagaimana cara melaksanakannya. Kegiatan pengorganisasian menentukan bagaimana aturan dan tata kerjanya. Kegiatan pelaksanaan menentukan siapa yang terlibat, apa yang dikerjakan, dan masing-masing bertanggung jawab dalam hal apa. Kegiatan pengawasan dan pemeriksaan mengatur kriterianya, bagaimana cara melakukannya, dan akan dilakukan oleh siapa. Kegiatan umpan balik merumuskan kesimpulan dan saran-saran untuk kesinambungan terselenggarakannya Manajemen Operasional Sekolah.[11]
Penyusunan rencana (planning) di dalam setiap penggunaan anggaran. Langkah pertama dalam penentuan rencana pengeluaran keuangan adalah menganalisa berbagai aspek yang berhubungan erat dengan pola perencanaan anggaran, yang didasarkan pertimbangan kondisi keuangan, line of business, keadaan para nasabah/konsumen, organisasi pengelola, dan skill para pejabat pengelola.
Proses pengelolaan keuangan di sekolah meliputi :[12]
a.       Perencanaan anggaran.
b.      Strategi mencari sumber dana sekolah.
c.       Penggunaan keuangan sekolah
d.      Pengawasan dan evaluasi anggaran
e.       Pertanggungjawaban
Pemasukan dan pengeluaran keuangan sekolah diatur dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS).
Ada beberapa hal yang berhubungan dengan penyusunan RAPBS, antara lain :
a.       Penerimaan / sumberdana
b.      Penggunaan Anggaran
c.       Pertanggungjawaban penggunaan Anggaran

3.      Penyusunan RAPBS
Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) harus berdasarkan pada rencana pengembangan sekolah dan merupakan bagian dari rencana operasional tahunan. RAPBS meliputi penganggaran untuk kegiatan pengajaran, materi kelas, pengembangan profesi guru, renovasi bangunan sekolah, pemeliharaan, buku, meja dan kursi.
Penyusunan RAPBS tersebut harus melibatkan kepala sekolah, guru, komite sekolah, staf TU dan komunitas sekolah. RAPBS perlu disusun pada setiap tahun ajaran sekolah dengan memastikan bahwa alokasi anggaran bisa memenuhi kebutuhan sekolah secara optimal.
a.       Prinsip Penyusunan RAPBS, antara lain :[13]
1.      RAPBS harus benar-benar difokuskan pada peningkatan pembelajaran murid secara jujur, bertanggung jawab, dan transparan.
2.      RAPBS harus ditulis dalam bahasa yang sederhana dan jelas, dan dipajang di tempat terbuka di sekolah.
3.      Dalam menyusun RAPBS, sekolah sebaiknya secara saksama memprioritaskan pembelanjaan dana sejalan dengan rencana pengembangan sekolah.
b.      Proses Penyusunan RAPBS meliputi :[14]
1.      Menggunakan tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek yang ditetapkan dalam rencana pengembangan sekolah.
2.      Menghimpun, merangkum, dan mengelompokkan isu-isu dan masalah utama ke dalam berbagai bidang yang luas cakupannya,
3.      Menyelesaikan analisis kebutuhan.
4.      Memprioritaskan kebutuhan.
5.      Mengonsultasikan rencana aksi yang ditunjukkan/dipaparkan dalam rencana pengembangan sekolah,
6.      Mengidentifikasi dan memperhitungkan seluruh sumber pemasukan,
7.      Menggambarkan rincian (waktu, biaya, orang yang bertanggung jawab, pelaporan, dsb.), dan mengawasi serta memantau kegiatan dari tahap perencanaan menuju tahap penerapan hingga evaluasi.
C.     Fungsi Manajemen Keuangan Sekolah  
Fokus manajemen keuangan sekolah memungsikan dan mengoptimalkan kemampuan menyusun rencana anggaran sekolah, mengelola sekolah berdasarkan rencana dan anggaran tersebut dan memungsikan masyarakat untuk berpartisipasi mengelola sekolah.[15]
Jadi fungsi manajemen keuangan pada prinsipnya dimulai dari proses sebagai berikut:
1.      Perencanaan anggaran sekolah Islam
Kepala sekolah diharuskan mampu menyusun Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS). Untuk itu kepala sekolah mengetahui sumber-sumber dana yang merupakan sumber daya sekolah. Sumber dana tersebut antara lain meliputi anggaran rutin, Dana Penunjang Pendidikan (DPD), Subsidi Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan (SBPP), Bantuan Operasional dan Perawatan (BOP), Bantuan Operasional Sekolah (BOS),(BP3), donatur, badan usaha, serta sumbangan lain-lain. Untuk sekolah-sekolah swasta sumber dana berasal dari SPP, subsidi pemerintah, donatur, yayasan, dan masyarakat secara luas.
Selain itu, biasanya madrasah juga mengembangkan penggalian dana dalam bentuk :[16]
a.       Amal Jariyah. Amal jariyah diwujudkan berupa sumbangan orang tua siswa baru. Formula sumbangan ini diberikan setelah siswa dinyatakan diterima menjadai siswa pada suatu sekolah. Sifat amal jariyah ini tidak mengikat, sukarela dan pembayarannya bisa diangsur.
b.    Zakat Mal. Dalam hal ini, BP3 bisa mengedarkan formulir jakaat mal kepada orang tua siswa pada setiap bulan Ramadhan.
c.    Uang syukuran. Orang tua diharapkan bisa mengisi khas madrasah secara sukarela sebagai rasa syukur tatkala anaknya naik kelas.
d.   Amal Jum’atau. Sebagai salah satu sarana untuk ikhlas beramal bagi setiap siswa, maka BP3 bisa mengedarkan kotak amal kepada siswa secara sukarela.
Setelah mengetahui sumber dana yang ada, selanjutnya sekolah/madrasah membuat RAPBS. Dalam menyusun RAPBS kepala sekolah sebaiknya membentuk tim dewan guru. Setelah itu tim dan kepala sekolah menyelesaikan tugas, memerinci semua anggaran pendapatan dan belanja sekolah. Dengan pelibatan para guru ini akan siperoleh rencana yang mantap, dan secara moral semua guru dan kepala sekolah merasa bertanggunng jawab terhadap keberhasilan rencana tersebut.
2.      Pelaksanaan anggaran belanja sekolah Islam
Tugas manajemen keuangan dapat dibagi tiga fase, yaitu financial planning, implementation and evaluation, Jones, sebagaimana yang dikutip E. Mulyasa, mengemukakan perencanaan finansial yang disebut budgeting, merupakan kegiatan mengkoordinasi semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai sasaran yang diinginkan secara sistematis tanpa menyebabkan efek samping yang merugikan. Implementation involves accounting (pelaksanaan anggaran) ialah kegiatan berdasarkan rencana yang telah dibuat dan kemungkinan terjadi penyesuaian yang diperlukan. Evaluation involves merupakan proses evaluasi terhadap pencapaian sasaran.[17]
Komponen utama manajemen keuangan meliputi :
a.      Prosedur anggaran
b.      Prosedur akuntansi keuangan
c.       pembelajaran, pergudangan dan prosedur pendistribusian.
d.      prosedur investasi
e.       Prosedur pemeriksaan.[18]
3.      Penyelenggaraan pembukuan dan penyampaian laporan
Pembukuan anggaran, baik peneriman maupun pengeluran harus dilakukan secara tertib, teratur, dan benar. Hal ini dapat dilakukan supaya dapat membuat laporan keuangan dan penggunaannya yang jujur dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.
Pengawasan juga bisa disebut dengan kontrol manajerial (controlling) adalah merupakan salah satu fungsi manajemen dalam organisasi. Fungsi tersebut mutlak harus dilakukan dalam setiap organisasi karena ketidakmampuan atau kelalaian untuk melakukan fungsi tersebut akan sangat mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi.[19]
Adapun menurut Likert, suatu pengawasan akan berfungsi secara efektif, jika perhatiannya ditekankan pada beberapa hal sebagai berikut :
a.         Pengawasan harus memungkinkan manajer dan para pegawainya merencanakan dan mengukur prestasi kerjanya sehingga keputusannya dapat dijadikan sebagai dasar pengetahuan dan perkiraan yang dapat diinformasikan.
b.        Suatu pengawasan harus memungkinkan para manajer mendeteksi deviasi dari standar yang ada pada waktu mengerjakan kontrol tersebut.
c.        Pengawasan harus memungkinkan sebagai alat untuk menetapkan penghargaan, penyeleksian dan kompensasi berdasarkan suatu prestasi kerja yang sebenarnya daripada berdasarkan perkiraan tentang perilaku bawahannya.
d.       Pengawasan harus menjadi motivasi yang merangsang untuk mencapai prestasi yang lebih baik sehingga pengawasan tersebut mampu menjelaskan sampai sejauh mana orang-orang akan diukur dan diberi suatu kesempatan untuk mengukur efektivitas yang mereka miliki.
e.        Pengawasan mampu sebagai media komunikasi yang mencakup konsep-konsep umum untuk membicarakan kemajuan organisasi.[20]
Jadi pada intinya pengawasan adalah proses penilaian atau pengendalian keuangan yang terdapat dalam RAPBS yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai manajer dan hendaknya dapat mengacu kepada hal-hal diatas tadi.
Kalau penulis amati fenomena yang ada, sebenarnya penulis merasa bangga jika melihat pesantren sebagai lembaga pendidikan swasta murni tapi mampu mengembangkan sumber-sumber keuangan seperti pesantren an-Nur Bululawang Malang yang berusaha mendirikan POM bensin dibeberapa tempat. Sayangnya lembaga pandidikan Islam yang kreatif dan memiliki modal besar jumlahnya tidak banyak. Pada umumnya, lembaga pandidikan Islam untuk memenuhi kebutuhan dasarnya atau dirinya saja terasa begitu kesulitan, apalagi berkembang melalui berbagai usaha mandiri dan kreatif itu. Cita-cita untuk mengembangkan dana memang ada, tetapi belum memiliki kekuatan modal maupun kekuatan kreatifitas dan keahlian.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.    Manajemen keuangan di sekolah Islam atau madrasah terutama berkenaan dengan kiat sekolah dalam menggali dana, kiat sekolah dalam mengelola dana, pengelolaan keuangan dikaitkan dengan program tahunan sekolah, cara mengadministrasikan dana sekolah, dan cara melakukan pengawasan, pengendalian serta pemeriksaan. Inti dari manajemen keuangan adalah pencapaian efisiensi dan efektivitas.
2.    Sumber keuangan pada suatu sekolah/ sekolah Islam secara garis besar dapat dikelompokkan atas tiga sumber, yaitu:
a.    Pemerintah, baik pemerintah pusat, daerah, maupun kedua-duanya yang bersifat umum atau khusus dan diperuntukkan bagi kepentingan pendidikan.
b.   Orang tua atau peserta didik.
c.    Masyarakat, baik mengikat maupun tidak mengikat.
3.      Tugas manajemen keuangan dapat dibagi tiga fase, yaitu financial planning, implementation and evaluation, Jones, sebagaimana yang dikutip E. Mulyasa, mengemukakan perencanaan finansial yang disebut budgeting, merupakan kegiatan mengkoordinasi semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai sasaran yang diinginkan secara sistematis tanpa menyebabkan efek samping yang merugikan. Implementation involves accounting (pelaksanaan anggaran) ialah kegiatan berdasarkan rencana yang telah dibuat dan kemungkinan terjadi penyesuaian yang diperlukan. Evaluation involves merupakan proses evaluasi terhadap pencapaian sasaran.


DAFTAR PUSTAKA
E. Mulyasa. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
http/AkhmadSudrajat.word press.com/a-opini/manajemensekolah
Mujamil Qomar, Mujamil. 2008. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Siagian, Sondang p. 2001. Audit Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sulistiyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras. Syaiful Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:Alfabeta. 



[1] Dimock, ME. dkk. Administrasi Negara. 1992. Jakarta: Rineka Cipta.
[2] Sulistiyorini, Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, strategi, dan Aplikasi, (Yogyakarta: Teras, 2009),hlm. 130.
[3] Panduan Pengelolaan Keuangan Pendidikan Depdiknas 2000 Jakarta
[4] Lipham, 1985; Keith, 1991
[5] Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, (Jakarta: Erlangga, 2008), hlm. 150-151
[6] Sondang P. Siagian, Audit Manajemen, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001), hlm. 120.
[7] Sulistiyorini, hlm. 131.
[8] Mujamil Qomar, hlm. 154-155.
[9] Siagian, Sondang p. 2001. Audit Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[10] Siagian, Sondang p. 2001. Audit Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[11] Tataran pengelolaan Managemen Keuangan Pendidikan Alfabeta Vincen P Costa 2000 : hal : 175
[12] Siagian, Sondang p. 2001. Audit Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[13] Syaiful Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:Alfabeta
[14] Siagian, Sondang p. 2001. Audit Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[15] Syaiful Sagala, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung:Alfabeta, 2010), hlm. 56.
[16] Siagian, Sondang p. 2001. Audit Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[17] E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Implementasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), 48
[18] Mujamil Qomar, Mujamil. 2008. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga
[19] Syaiful Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:Alfabeta
[20] Syaiful Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar